Sabtu, 16 Ogos 2014

RASUL MENANGIS ATAS KEMATIAN AL HUSEIN

RASUL MENANGIS ATAS KEMATIAN AL HUSEIN

(*) Tabrani, dengan sanadnya, meriwayatkan dari Ahmad bin Hanbal, dari Ubbad bin Ziyad Asadi, dari Amr bin Tsabit, dari A'masyi, dari Abu Wa'il, saudara kandung Ibnu Salamah, dari Ummu Salamah, dia berkata:
"Ketika Imam Hasan dan Husain tengah bermain dengan Nabi SAW. di rumahku, Jibril turun. Jibril berkata: 'Wahai Muhammad, sungguh umatmu akan membunuh anakmu ini setelah Anda tiada.' 
Jibril menunjuk kepada al-Husain. 
Lantas Rasulullah SAW. menangis dan memukul dadanya. Setelah itu Rasulullah SAW bersabda: 'Simpan baik-baik tanah ini oleh Anda.'
Rasulullah SAW. mencium tanah itu dan berkata: 'Kecelakaan (karb) dan bala (bala).'

Ummu Salamah melanjutkan, 'Rasulullah SAW. bersabda: 'Wahai Ummu Salamah, jika tanah ini berubah menjadi darah, ketahuilah bahwa anakku terbunuh.'"

Perawi berkata,'Ummum Salamah menyimpannya di dalam sebuah botol. Setiap hari dia selalu melihatnya. Dia berkata: 'Hari saat engkau berubah menjadi darah adalah hari yang agung.'"

[Al-Mu'jam al-Kabir, Jilid 3, Hlm 108, Hadis No 2817]

Jibril memberitakan kepada Nabi SAW tentang terbunuhnya Al-Husein as dan membawa tanah Karbala

(*) Ummul Fadhl binti Harits berkata bahwa ia datang kepada Rasulullah saw dan bertanya: Ya Rasulullah, tadi malam aku bermimpi yang menakutkan. Rasulullah saw bertanya: Mimpi apa? Ia berkata: Mimpiku sangat menakutkan. Mimpi apa? Tanya Rasulullah saw. Ia berkata: Aku mimpi seakan-akan bagian tubuhmu kuletakkan di pangkuanku. Rasulullah saw bersabda: Kamu mimpi baik, Fatimah akan melahirkan, dan insya Allah anak itu akan berada dalam pangkuanmu. Lalu Fatimah (as) melahirkan Al-Husein (as) dan ia berada dalam pangkuanku sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah saw.

Pada suatu hari aku datang kepada Rasulullah saw lalu kuletakkan Al-Husein di pangkuannya, kemudian Rasulullah saw menangis. Aku bertanya: Mengapa engkau menangis? Rasulullah saw bersabda: “Baru saja Jibril datang memberitakan kepadaku bahwa ummatku akan membunuh puteraku ini.” Aku bertanya: Ini (Al-Husein)? Rasulullah saw menjawab: “Ya, baru saja Jibril datang kepadaku dengan membawa turbah (tanah) Al- Husein yang berwarna merah.” Al-Hakim berkata: hadis ini shahih menurut persyaratan Bukhari dan Muslim.
[Mustadrak, al-Hakim, Jilid 3, Hlm 176]

(*) Hadis yang semakna juga terdapat dalam:
(1) Mustadrak Al-Hakim, Jilid 4, Hlm 398. Diriwayatkan oleh Ummu Salamah. Al-Hakim berkata: hadis ini shahih menurut persyaratan Bukhari dan Muslim, tetapi mereka berdua tidak meriwayatkan dalam kitabnya.
(2) Dzakhair Al-Uqba, Hlm 148.
(3) Musnad Ahmad bin Hambal, Jilid 3, Hlm 242, hadis ke 13127 dan 13383.
(4) Kanzul Ummal, Jilid 7, Hlm 106, hadis ke 37669.
(5) Majmaj Az-Zawaid, Jilid 9, Hlm 187.
(6) Ash-Shawa’iq Al-Muhriqah, Ibnu hajar, Hlm 115, hadis ke 30.

Tiada ulasan: