Bahagian
Keenam
Hakimiyah
Allah (Ketuanan Allah)
Imam
Ahmad Al-Hasan (as), berkata:
“Allah
swt berfirman,
﴿فَارْتَقِبْ
يَوْمَ تَأْتِي السَّمَاءُ بِدُخَانٍ مُّبِينٍ * يَغْشَى النَّاسَ ۖ هَـٰذَا
عَذَابٌ أَلِيمٌ* رَّبَّنَا
اكْشِفْ عَنَّا الْعَذَابَ إِنَّا مُؤْمِنُونَ * أَنَّىٰ لَهُمُ
الذِّكْرَىٰ وَقَدْ جَاءَهُمْ رَسُولٌ مُّبِينٌ * ثُمَّ تَوَلَّوْا عَنْهُ
وَقَالُوا مُعَلَّمٌ مَّجْنُونٌ * إِنَّا كَاشِفُو
الْعَذَابِ قَلِيلًا ۚ إِنَّكُمْ عَائِدُونَ* يَوْمَ
نَبْطِشُ الْبَطْشَةَ الْكُبْرَىٰ إِنَّا مُنتَقِمُونَ﴾
Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang
nyata, * yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih. * (Mereka berdoa):
"Ya Tuhan kami, lenyapkanlah dari kami azab itu. Sesungguhnya kami akan
beriman". * Bagaimanakah mereka dapat menerima peringatan, padahal telah
datang kepada mereka seorang rasul yang memberi penjelasan, * kemudian mereka
berpaling daripadanya dan berkata: "Dia adalah seorang yang menerima
ajaran (dari orang lain) lagi pula seorang yang gila". * Sesungguhnya
(kalau) Kami akan melenyapkan siksaan itu agak sedikit sesungguhnya kamu akan
kembali (ingkar). * (Ingatlah) hari (ketika) Kami menghantam mereka dengan
hantaman yang keras. Sesungguhnya Kami adalah Pemberi balasan. [Al-Dukhan 44:10]
Kabut
(Dukhan) dalam ayat ini adalah siksaan (azab), dan azab didahului dengan Risalah.
Seperti firman Allah:
﴿وَمَا
كُنَّا مُعَذِّبِينَ حَتَّىٰ نَبْعَثَ رَسُولًا﴾
dan Kami tidak akan mengazab sebelum Kami mengutus
seorang rasul. [Al-Isra’ 17:15]
Kabut
(Dukhan) atau azab ini juga adalah akibat dari mendustakan utusan yang diutus
kepada orang-orang yang kemudiannya diazab, dan dia berada di kalangan mereka, Seperti
yang jelas dari ayat-ayat:
Kemudian mereka berpaling darinya dan berkata, “Dia adalah seorang yang
menerima ajaran (dari orang lain) lagi pula seorang yang gila?” [Al-Dukhan 44:10]
Kabut
atau azab itu juga mendedahkan iman penghuni bumi terhadap utusan itu selepas
itu ia ditimpakan kepada mereka, sebagaimana azab yang ditimpakan kepada kaum
Yunus (as) atau Yunan.
Kabut
atau siksaan itu juga adalah perbandingan bagi kiamat kecil, bahkan adalah
siksaan kecil sebagaimana dijelaskan ayat di atas, dan setelah itu berulah
siksaan besar dan pembalasan terhadap orang-orang zalim.
Oleh
itu, kabut adalah salah satu tanda bangkitnya Al-Qaim (Pendiri) dan ini
sebagaimana diriwayatkan dari para imam (as), dan ia adalah pengiring dengan
utusan. Bahkan disebabkan para penghuni bumi mendustakan utusan itu. Itu adalah
akibat bagi mereka:
Bagaimanakah mereka dapat menerima peringatan, padahal telah datang
kepada mereka seorang rasul yang memberi penjelasan. [Al-Dukhan 44:13]
Maka
siapakah utusan itu?” siapakah
yang mengutus utusan itu?)) [1] akhir kata-katanya selawat
Allah ke atasnya/.
Kejelasan
Surah Al-Dukhan berhubung dengan Hakimiyah Allah pada utusan Al-Mahdi tidak
perlukan ulasan dan penjelaskan lagi.
Adapun
hadits-hadits yang menyinggung hubungan Hakimiyah Allah SWT dengan Al-Mahdi,
telah disebutkan riwayat-riwayat yang menjadi nash bahawa Al-Mahdi adalah Khalifah
Allah SWT, dan ia selaras dengan kedudukan (maqam) ini. Saya tinggalkan supaya dipertimbangkan;dan
untuk membuat kesimpulan saya tambahkan lagi:
Disampaikan
oleh Yahya Al-Yaman dari Sufyan Al-Tsauri dari Abi Ishaq dari Nauf Al-Bakali katanya:
في راية المهدي
مكتوب البيعة لله
“Pada panji Al-Mahdi tertulis “Al-Bai’atu Lillah” (Kesetiaan
kepunyaan Allah). [2]
Disampaikan
oleh Abdullah, dari ayahku, dari - Muhammad bin Ja’far, dari Syu’bah dari Abi Al-Tayah
katanya: “Aku mendengar Shakhran menyampaikan dari Sabi’ katanya:
أرسلونى من ماء إلى
الكوفة أشترى الدواب فأتينا الكناسة فإذا رجل عليه جمع - قال - فأما صاحبى فانطلق
إلى الدواب وأما أنا فأتيته فإذا هو حذيفة فسمعته يقول كان أصحاب رسول الله -صلى
الله عليه وسلم- يسألونه عن الخير وأسأله عن الشر فقلت يا رسول الله هل بعد هذا
الخير شر كما كان قبله شر قال « نعم ». قلت فما العصمة منه قال « السيف ». أحسب
أبو التياح يقول السيف. أحسب قال قلت ثم ماذا قال « ثم تكون هدنة على دخن ». قال
قلت « ثم ماذا ». قال ثم تكون دعاة الضلالة – قال - فإن رأيت يومئذ خليفة الله فى
الأرض فالزمه وإن نهك جسمك وأخذ مالك فإن لم تره فاهرب فى الأرض ولو أن تموت وأنت
عاض بجذل شجرة ». قال قلت ثم ماذا قال « ثم يخرج الدجال
“Aku diutus melalui perairan menuju Kufah, aku
membeli binatang.
dan kami membawa
seberkas rumput. Tiba-tiba datang seorang laki bersama sekumpulan orang, ia
mengatakan: “Sahabatku telah berangkat dengan binatang (tunggangannya).
Sedangkan aku datang menemuinya, dan ternyata dia adalah Huzhaifah, yang
mengatakan: “Para sahabat Rasulullah (S) bertanya kepada baginda tentang
kebaikan dan aku bertanya tentang keburukan, pertanyaanku; Ya Rasulullah! Adakah
sesudah kebaikan ini keburukan sebagaimana sebelumnya adalah keburukan?”
Baginda menjawab. “Ya”,
tanyaku lagi, “Apakah penjagaan darinya?”,.
Baginda menjawab. “Pedang!”.
Abu Al-Tayah (perawi) mengira mengatakan “pedang”
Dan ia mengira ditanyakan “Kemudian apa lagi?”,
Baginda menjawab. “Akan ada keamanan atas asap (kabut)!”
Katanya: aku bertanya lagi “Kemudian ada apa?”
Baginda menjawab “Akan ada para penyeru kesesatan!
Pada hari itu apabila kamu melihat Khalifah Allah di bumi maka tetaplah
bersamanya walaupun ia melelahkan badanmu dan mengambil harta bendamu. Namun apabila
kamu tidak melihatnya, maka larilah di bumi walaupun kamu akan mati dalam
keadaan kamu menggigit akar pokok.”
Katanya: aku bertanya lagi “Kemudian apa lagi?”
Baginda menjawab. “Akan muncul Dajjal.” [3]
Disampaikan
oleh Abdullah dari bapaku dari Abdul-Razaq dari Mu’ammar dari Qatadah dari
Nashr bin ‘Ashim Al-Laitsi dari Khalid bin Khalid Al-Yasykuri, katanya…
قال
حذيفة ..قلت -يا رسول الله- ثم ماذا قال « ثم تنشأ دعاة الضلالة فإن كان لله يومئذ
فى الأرض خليفة جلد ظهرك وأخذ مالك فالزمه وإلا فمت وأنت عاض على جذل شجرة ». قال
قلت ثم ماذا قال ثم يخرج الدجال بعد ذلك معه نهر ونار من وقع فى ناره وجب أجره وحط
وزره ومن وقع فى نهره وجب وزره وحط أجره ». ...
Huzhaifah berkata, “Aku bertanya, “Wahai Rasulullah!
Kemudian ada apa?”
Baginda menjawab, “Akan muncul para penyeru
kesesatan. Pada hari itu apabila Allah mempunyai seorang khalifah di bumi yang memukul
belakangmu dan mengambil harta bendamu, tetaplah kamu dengannya. Jika tidak ada
(khalifah) biarlah kamu mati dalam keadaan kamu menggigit akar pokok.”
Katanya: aku bertanya lagi “Kemudian ada apa?”
Baginda menjawab, “Akan muncul Dajjal sesudah itu,
bersamanya ada sungai dan api. Siapa yang jatuh ke dalam apinya pastilah diganjarkan
(pahala) baginya dan gugurlah dosanya, dan siapa yang jatuh ke dalam sungainya
tetaplah dosanya dan gugur pahalanya.” [4]
Disampaikan
oleh Dhamrah bin Rabi’ah dari Ibnu Syauzhab dari Abu Al-Tayah dari Khalid bin
Sabi’ dari Huzhaifah katanya:
“Orang-orang pernah bertanya kepada Rasulullah (S)
tentang kebaikan, sedangkan aku telah bertanya kepada baginda tentang keburukan
kerana takut aku mencapainya. Ketika aku berada di sisi Rasulullah (S) pada
suatu hari, aku bertanya: “Wahai Rasulullah, adakah keburukan sesudah kebaikan
ini yang Allah berikan kepada kami, sebagaimana sebelumnya ada keburukan?”
Baginda menjawab, “Ya”.
“Kemudian apa?”, tanyaku.
Baginda menjawab, “Perdamaian (gencatan senjata) di
atas asap (peperangan)”
Aku bertanya lagi “Lalu apa sesudah perdamaian?”
Baginda menjawab, “Para penyeru kepada kesesatan.
Apabila kamu bertemu khalifah Allah pada hari itu, maka berpegang teguh
dengannya!” [5]
Disampaikan
oleh Al-Walid bin Muslim dari Jarah dari Arthat, katanya:
“Amir Al-‘Ashab bukan dari “Zhi” atau “Zhu”
Tetapi mereka mendengar suara yang tidak diucapkan oleh bangsa manusia dan jin;
“Berbaiahlah kepadanya (Fulan) dengan namanya yang tidak berawalan “Zhi” atau
“Zhu”. Tetapi dia adalah khalifah Yamani.” Al-Walid berkata: “Dalam pengetahuan
Ka’ab, ia adalah seorang Quraisy dari Yaman, dan ia adalah Amir Al-‘Ashab dan Al-‘Ashab (kebangsaan)
penduduk Yaman dan para pengikut mereka dari semua orang yang dikeluarkan dari
Bait Al-Maqdis.” [6]
من مات و ليس عليه إمام
مات ميتة جاهلية
“Sesiapa yang mati tanpa seorang imam atasnya, maka
ia mati dalam kematian jahiliah.” [7]
Disampaikan
oleh Mubarak dan Abdul-Razaq dari Mu’ammar dari Rajul dari Said bin Musayab, katanya:
“Akan ada fitnah yang awalnya permainan kanak-kanak.
Bilamana fitnah itu mereda di satu sisi dan meluap di sisi lain, fitnah takkan
berakhir sampai ada yang menyeru dari langit: “Bukankah amir adalah Si Fulan!?”.
Ibnu Musayab melontarkan kalimat berikut -sampai tiga kali, “Itulah amir
sebenar-benar bagi kamu.” [8]
Disampaikan
oleh Said Abu Usman dari Jabir dari Abi Ja’far, katanya:
“Ada yang menyeru dari langit, “Sesungguhnya
kebenaran pada Aali Muhammad.” Dan suara yang menyeru dari bumi, Sesungguhnya
kebenaran pada Aali Isa atau Al-Abbas berkata, saya meragukannya, kerana suara dari
bahagian bawah dari syaitan demi mengaburkan manusia. diragui Abu Abdullah Naim.” [9]
Disampaikan
oleh Al-Walid bin Muslim dari Syeikh dari Ibnu Syihab, katanya:
“Ditugaskan seorang amir dari keluarga Abu Sufyan
kedua pada suatu musim dan diutus bersamanya utusan. Jika pada musim itu mereka
mendengar ada yang menyeru dari langit, “Sesungguhnya amir adalah si fulan!”.
Yang menyeru dari bumi adalah dusta, sedangkan yang menyeru dari langit adalah
benar. Demikian itu berlangsung lama, mereka tidak mengetahui manakah yang
mereka ikuti. Sesungguhnya yang benar dari langit adalah suara kedua yang
menyeru dari langit sekali. Jika kalian mendengar demikian, maka ketahuilah bahawa
Kalimat Allah itulah yang tinggi, dan kalimat syaitan itulah yang rendah.” [10]
Disampaikan
oleh Ibnu Wahab dari Ishaq dari Yahya Al-Taimi dari Al-Mughirah bin Abdul-Rahman
dari ibunya yang sudah usia lanjut, katanya;
“Aku bertanya kepadanya (ibu Mughirah) tentang
fitnah Ibnu Zubair, apakah fitnah ini di dalamnya kebinasaan manusia?”
Dia menjawab, “Tidak wahai anakku. Tetapi sesudahnya
ada fitnah yang membawa kebinasaan manusia. Tidaklah tegak urusan mereka sampai
ada yang menyeru dari langit: “Hendaklah kalian bersama Si Fulan!”. [11]
Disampaikan
oleh Ibnu Wahab dari Ishaq bin Yahya dari Muhammad bin Basyar bin Hisyam dari
Ibnu Al-Musaiyab, katanya:
“Akan ada fitnah di Syam, yang awalnya adalah
permainan kanak-kanak. Kemudian tidak akan tegak urusan manusia atas sesuatu
dan tidak akan ada kumpulan bagi mereka, sampai ada yang menyeru dari langit:
“Hendaklah kalian bersama Si Fulan!”, dan muncul telapak yang membawa
kegembiraan.” [12]
Disampaikan
mengenainya oleh Ibnu Wahab dari ‘Ayadh bin Abdullah Al-Fihri dari Muhammad bin
Yazid bin Muhajir dari Ibnu Al-Musayab, melain pada kata-kata: “Ada penyeru yang
menyeru dari langit: “Amir kalian adalah Si Fulan!”.
[13]
‘Ayadh
berkata: “Disampaikan mengenainya oleh Muhammad bin Munkadir, yang mendengar
Abdul Malik bin Marwan disebutkan dari ulama mereka.”
[14]
Al-Walid
bin Muslim menyampaikan dari ‘Anbasah Al-Qurasyi dari Musllamah bin Abi Salamah
dari Syahr bin Hausyab, katanya
Rasulullah (S) bersabda: “Di bulan Muharram ada yang
menyeru dari langit, “Sesungguhnya hamba pilihan Allah dari penciptaanNua adalah
Fulan, maka dengarkan dan taatilah ia dalam kejelasan suara dan kehebohan (keributan).”
[15]
Disampaikan
oleh Rusydin dari Ibnu Lahi’ah, disampaikan oleh Abu Zar’ah dari Abdullah bin
Zarir dari ‘Ammar bin Yasir (ra), katanya:
“Apabila seorang Jiwa Suci (Al-Nafs Al-Zakiyah)
telah terbunuh dan saudaranya terbunuh di Mekah yang tersia-siakan, akan ada
yang menyeru dari langit katanya, “Amir kalian adalah Si Fulan!” Itulah Al-Mahdi
yang akan memenuhi bumi dengan kebenaran dan keadilan.”
[16]
Disampaikan
oleh Abu Ishaq Al-Aqra’, disampaikan oleh Abul Hakam Al-Madani katanya, disampaikan
Yahya bin Said dari Said bin Musaiyab, katanya:
“Akan ada satu kelompok yang berselisih hingga
muncul tapak tangan dari langit dan ada yang menyeru: “Sesungguhnya amir kalian
adalah Fulan!”. [17]
Disampaikan
oleh Al-Walid dan Rusydin dari Ibnu Lahi’ah dari Abi Qubail dari Abi Ruman dari
Ali bin Abi Thalib (ra), katanya:
“Setelah terjadi kesengsaraan (Al-Khusuf), ada yang
menyeru dari langit pada awal siang, “Kebenaran ada pada keluarga Muhammad”;
dan pada akhir siang seruan, “Kebenaran ada pada anak keturunan Isa” dan
demikian ini datangnya dari Syaitan.” [18]
Disampaikan
oleh Abdullah bin Marwan dari Said bin Yazid Al-Tanukhi dari Al-Zuhri, katanya:
“Apabila Sufyani dan Al-Mahdi bertemu untuk perang,
pada hari itu terdengar suara dari langit: “Sesungguhnya para Auliak Allah
adalah para sahabat Fulan, yakni Al-Mahdi. Al-Zurhri berkata: “Asma` binti ‘Umais
mengatakan, “Tanda bagi hari tersebut, telapak tangan dari langit tergelantung
dan terlihat oleh manusia.” [19]
Disampaikan
oleh Al-Hakim bin Nafi’ dari Jarah dari Arthah, katanya
“Ketika orang-orang di Mina dan ‘Arafah, ada yang
menyeru setelah kabilah-kabilah bergabung; “Sesungguhnya amir kalian adalah Fulan!”.
Kemudian diikuti suara lain katanya: “Itu bohong!”, lalu diikuti suara lain pula
katanya: “Itu sungguh benar!”. Kemudian mereka berperang dengan sengit. Maka
senjata mereka memenuhi pelana, dan itu adalah pasukan Al-Barâdzi’ (pelana).
Pada saat itu, kalian melihat telapak tangan terlihat di langit. Perang itu
sangat sengit, hingga tak tersisa dari para pendukung kebenaran kecuali
sejumlah pasukan Badar, lalu mereka pergi sampai berbaiah kepada pemimpin
mereka.” [20]
Jadi
amir yang diserukan dengan namanya dari langit adalah pemerintah yang diangkat
Allah SWT, dialah Al-Mahdi (as).
“Kaum
Yahudi terpecah menjadi tujuh puluh satu golongan, semuanya masuk neraka
kecuali satu. Kaum Nasrani terpecah menjadi tujuh puluh dua golongan, semuanya
masuk neraka kecuali satu. Umat ini juga akan terpecah menjadi tujuh puluh tiga
golongan, semuanya masuk neraka kecuali satu.” Pada lafaz, “Menjadi tujuh puluh
tiga golongan.” Dalam sebuah riwayat dikatakan: “Wahai Rasulullah, manakah
golongan yang selamat?” Baginda menjawab, “Sesiapa yang sepertiku dan para
sahabatku hari ini!” Dalam riwayat lain baginda bersaba, “Ia adalah Al-Jama’ah,
tangan Allah menaungi kumpulan itu.” [21]
“Kaum
Yahudi dan Nasrani terpecah menjadi tujuh puluh satu golongan, dan umatku akan
terpecah menjadi tujuh puluh tiga golongan, semuanya masuk neraka kecuali
satu.” Beliau ditanya, “Wahai Rasulullah, siapakah mereka (yang terkecuali)
itu?” Baginda menjawab, “Apa yang ada padaku dan para sahabatku!” [22]
“Umat
ini akan terpecah menjadi tujuh puluh tiga golongan, semunya masuk neraka
kecuali satu.” Baginda ditanya, “Siapakah mereka (yang terkecuali itu), wahai
Rasulullah?” Baginda menjawab, “Dari apa yang ada padaku dan para sahabatku.” [23]
افترقت
اليهود على إحدى وسبعين فرقة , وافترقت النصارى على اثنتين وسبعين فرقة , وستفترق
هذه الأمة على ثلاث وسبعين فرقة كلها في النار إلا واحدة، قيل : من هي يا رسول
الله؟ فقال صلى الله عليه وسلم : من كان على مثل ما أنا عليه وأصحابي
“Kaum Yahudi terpecah menjadi tujuh puluh satu
golongan, dan kaum Nasrani terpecah menjadi tujuh puluh dua golongan, dan umat
ini akan terpecah menjadi tujuh puluh tiga golongan, semuanya masuk neraka
kecuali satu.” Baginda ditanya, “Siapakah golongan itu wahai Rasulullah”. Baginda
(S) menjawab, “Adalah orang-orang yang berada seperti aku dan para sahabatku.”
[24]
Dalam
hadits terakhir ini, Rasulullah (S) meletakkan ukuran (petunjuk) yang jelas
yang memiliki dua sisi; baginda adalah salah satu darinya dan yang lain adalah
para sahabatnya. Baginda adalah sebagai Khalifah Allah SWT dan para sahabat
adalah orang-orang yang berbaiah kepada Khalifah Allah. Dengan demikian,
golongan yang selamat terbentuk dari dua ukuran; Khalifah yang diangkat oleh
Allah dan orang-orang yang beriman dan berbaiah kepadanya. Demikian ini jugalah
apa yang berlaku pada Al-Mahdi. Ia adalah Khalifah Allah dan para ansarnya adalah orang yang berbaiah kepadanya. Pada hari ini,
jika dicari di bumi ini tidak akan ditemui golongan yang sesuai dengan ukuran
tersebut, kecuali Seruan Al-Yamani AL-Mubarakah. Cukuplah demikian
menjadi bukti bagi sesiapa yang mahu mendengar, dan sebagai saksi.
✡✡✡✡✡
--------------------------------
[1] Dari Kitab Washiy Wa Rasul Al-Imam Al-Mahdi Fi
Al-Taurat Wa Al-Injil Wa Al-Quran oleh Ahmad Al-Hassan.
[2] Fitan Al-Marwazi hadits No 1026 -
[3] Musnad Ahmad hadits No 24 138 halaman. (51/160)
http://islamport.com/d/1/mtn/1/88/3376.html
[4] Musnad Ahmad hadits No 24142
[5] Fitan Al-Marwazi hadits No 34 -
[6] Fitan Al-Marwazi hadits No 283 -
[7] Hadits dikeluarkan dan disahihkan: Hadits ini diriwayatkan
dari Muawiyah bin Abi Sufyan dari Ibn Umar dan dari Abu Hurairah, dengan empat lafaz
tetapi maknanya satu. yang pertama dalam teks (matan) di atas, dan yang kedua
ialah:
(من
مات وليس عليه إمام مات ميتة جاهلية)
(sesiapa yang mati dan tiada padanya Imam matinya adalah mati
jahiliyah),
dan yang ketiga adalah:
(من
مات وليس له إمام مات ميتة جاهلية)
(Sesiapa yang mati dengan tidak mempunyai imam matinya
adalah mati jahiliyah),
dan yang keempat adalah:
(ومن
مات وليس عليه إمام جماعة فإن موتته موتة جاهلية)
(sesiapa yang mati dan tiada padanya Imam Jamaah, maka
sesungguhnya kematiannya adalah kematian jahiliyah)
dan semuanya diriwayatkan dari Muawiyah kecuali yang
terakhir, dan telah disebut sebahagian sumbernya disahihkan: Musnad Ahmad Jilid
4: halaman 96, diriwayatkan dari Muawiyah / Halitah Al-Aulia’ oleh Abu Naim Jilid
3: halaman 224, Dengan sanad dari Ibnu 'Umar, dan berkata kepadanya: "
hadits ini sahih dan kuat..." / Shahih Ibnu Hibban Jilid 10: halaman 434, dari
Muawiyah / Musnad Abi Dawud Al-Tayaalisi halaman 259, dari Ibn ‘Umar / Jami’ Al-Jawami’ oleh
Al-Suyuthi Jilid 10: halaman 197 nombor 4759/23255, dari Muawiyah, Jilid 10: halaman
199 nombor 4762/23258, dari Ibn ‘Umar / Al-Mustadrak oleh Al-Hakim Al-Naisaburi
Jilid 1: halaman 77-78, dari Ibn ‘Umar, dan disahihkan dengan persyaratan Syeikhain,
dipersetujui oleh Al-Zhahabi dalam Talkhish Al-Mustadrak / Al-Mu’jam Al-Kabir oleh
Al-Thabrani Jilid 19, halaman 388, dari Muawiyah / Musnad Al-Syamin oleh
Al-Thabrani Jilid 2: halaman 437-438 hadits 1654, dari Muawiyah / Kanz Al-‘Amal
oleh Al-Muttaqi A;-Hind Jilid 1 halaman: 103, hadits 464, dari Muawiyah, Jilid 6
halaman: 65, hadits 14863, dari Ibn ‘Umar / Majmu’ Al-Zawaod oleh Al-Haitsami
Jilid 5 halaman: 218, dari Muawiyah / Al-Jami’ AL-Shahih Mimma Laisa Fi Al-Sahihain Li Muqbal
Al-Wada’ei, Jilid 4 . Kitab Al-Amarah halaman 451, dan berkata mengenainya: "hadits ini
baik" / Kitab Al-Sunnah oleh ‘Amru bin Abi ‘Asim halaman 503 hadits 1057
dari Abu Hurairah dan dari Muawiyah dengan lafaz:
(من
مات وليس عليه إمام مات ميتة جاهلية)
(sesiapa yang mati dan tiada padanya Imam matinya adalah
kematian jahiliyah) / Ulasan Al-Albani dalam Kitab Al-Sunnah pada kitabnya Dzilal
Fi Takhruj Al-Sunnah. halaman 503-504, katanya: "sanad-sanadnya Hassan,
..." / diriwayatkan Al-Thabrani dalam Al-Mu;jam Al-Ausath Jilid 6 halaman:
70, dan ditulis mengenainya dalam Majmu’ Al-Zawaod oleh Al-Haitsami dan berkata
mengenainya: " diriwayatkan Al-Thabrani dalam Al-Ausath, di dalamnya ada Al-‘Abbas
bin Al-Hassan Al-Qantari tidak mengenalnya, dan semua yang lain shahih" ,
dan ini adalah satu waham dan kesilapan Al-Haitsami, dan Al-Thabrani tidak ada
di dalam sanadnya (Al-‘Abbas bin Al-Hassan Al-Qantari), tetapi ada (Al-‘Abbas
bin Al-Hussein Al-Qantari), dan yang terakhir daripada syeikh-syeikh (guru) Al-Bukhari,
kerana Al-Albani berkata dalam tafsirnya pada kata-kata Al-Haitsami, yang
berbunyi seperti berikut: ". .. Saya tidak mengkhususkannya dan telah
dinyatakan semula di tempat lain (5/225) dengan lafaz pertama katanya: "diriwayatkan
Al-Thabrani dalam “Al-Ausath", di dalamnya ada Al-‘Abbas bin Al-Hassan Al-Qantari
da tidak mengenalnya, dan semua yang lain shahih." Saya katakan: Nampaknya
Al-Abbas bin Al-Hussein – yang kecilnya - Al-Qantari, dia tsiqah dari
syeikh-syeikh (guru) Al-Bukhari, saya tidak tahu adakah " Al-Hussein "
menyeleweng dalam naskhah "Al-Haitsami" Dia tidak kenal Al-Thabrani atau
mengapa?" Lihat Dzilal Fi Takhrij Al-Sunnah halaman 503-504 nombor
1057 / dan Diriwayatkan Abu Ya’la Al-Mushli dalam Musnadnya Jilid 13 halaman 366
hadits 7375 / / dan dishahihkan Syu’aib Al-Arnu'uth dalam ulasannya terhadap
Musnad Ahmad Jilid 28 hadits 16876 halaman 88-89, di mana beliau berkata:.
" hadits sahih bagi yang lain..." / dan dishahihkan juga Hamzah Ahmad
Al-Zein dalam ulasannya terhadap Musnad Ahmad Jilid 13 halaman 188 hadits
16819, Beliau berkata: "Isnadnya sahih, dan Abu Bakar adalah Ibn ‘Ayyash
dan ‘Asim adalah Ibn Al-Bahdalah Al-Qarnan Al-Masyhuran dalam kedua-duanya
perkataan terpelihara dan tsiqah, dan di sisi Al-Thabrani di dalam AL-Kabir
19/388 No. 900 dan Al-Ausath 1/417 dia berkata mengenai isnad Al-Thabrani di dalam
AL-Majmu; 5/218 kedua-duanya lemah dan tidak disebut kepada Ahmad, hadits pada
Ibn Abi ‘Asim dalam Al-Sunnah No. 1057 " Keputusannya bahawa semua hadits-hadits
sahih adalah 1 - Ibn Hibban, 2 – Al-Hakim, 3 – Al-Zhahabi 4 - Abu Naim, 5 – Syu’aib
Al-Arnu'uth, 6 - Hamzah Ahmad Al-Zein. 7 – hasan pada Al-Albani . dan 8 - diterima
Al-Wada’ei.
[8] Fitan Al-Marwazi hadits No 973 -
[9] Fitan Al-Marwazi hadits No 974 -
[10] Fitan Al-Marwazi hadits No 975 -
[11] Fitan Al-Marwazi hadits No 976 -
[12] Fitan Al-Marwazi hadits No 977 -
[13] Fitan Al-Marwazi hadits No 978 -
[14] Fitan Al-Marwazi hadits No 979 -
[15] Fitan Al-Marwazi hadits No 980 -
[16] Fitan Al-Marwazi hadits No 981 -
[17] Fitan Al-Marwazi hadits No 982 -
[18] Fitan Al-Marwazi hadits No 983 -
[19] Fitan Al-Marwazi hadits No 984 -
[20] Fitan Al-Marwazi hadits No 985 -
[21] Perawi
(periwayat): -, Ahli hadits: Ibn Taimiyyah, Sumber: Majmu’ Al-Fatawa, Halaman/No:
3/345, Hukum (nilai) hadits: Shahih, masyhur dalam Al-Sunan dan Al-Masanid
[22] Perawi (periwayat): -, Ahli hadits: Ibn al-Arabi Sumber:
Hukum Al-Quran - Halaman/No: 3/432
Hukum (nilai) hadits: Tsabit
[23] Perawi (periwayat): -, Ahli hadits: Ahmad Shakir -
Sumber: Pelbagai tafsir - Halaman/No: 1/353
Hukum (nilai) hadits: ditegaskan dalam pengenalan (muqaddimah)
pada sahihnya
[24] Perawi (periwayat): -, Ahli hadits: Bin Baaz -
Sumber: Majmu’ Al-Fatawa Ibn Baaz - Halaman/No: 264/4 Hukum (nilai) hadits:
Tsabit
Tiada ulasan:
Catat Ulasan