Rabu, 4 April 2018

Amalan bulan Rajab .. dinyatakan dari dari Al-Syed Al-Yamani (as) perlu beramal dengannya



Amalan bulan Rajab .. dinyatakan dari dari Al-Syed Al-Yamani (as) perlu beramal dengannya


بسم الله الرحمان الرحيم

وصلى الله على محمد وآله الأئمة والمهديين وسلم تسليما

Dan kami sampaikan dari Al-Imam Al-Yamani pada hari-hari ini perlu beramal dengan amalan-amalan bulan Rajab, khusus disebut dalam Mafatih Al-Jinan, termasuk berpuasa pada hari-hari Al-Baidh dan Doa Umm Dawud

Saya akan menyenaraikan di bawah amalan-amalan bulan Rajab dari Mafatih Al-Jinan:

Bahagian II: Dalam amalan-amalan khusus bulan Rajab, atau hari-hari khusus dari bulan Rajab:

Malam pertama: Ia adalah malam yang mulia dan telah dikatakan beramal dengan amalan-amalan:

Pertama: Supaya mengucapkan jika dia melihat bulan sabit:

اَللّـهُمَّ اَهِلَّهُ عَلَيْنا بِالاَمْنِ وَالاْيمانِ وَالسَّلامَةِ وَالاِسْلامِ رَبّي وَرَبُّكَ اللهُ عَزَّوَجَلَّ

Ya Allah, kurniakan kepada kami keamanan, iman, keselamatan dan Islam, Tuhanku dan TuhanMu AWJ,

dan yang diriwayatkan dari Rasulullah (S) apabila dia melihat bulan sabit (baru) Rajab katakanlah:

اَللّـهُمَّ بارِكْ لَنا في رَجَب وَشَعْبانَ، وبَلِّغْنا شَهْرَ رَمَضانَ، واَعِنّا عَلَى الصِّيامِ وَالْقِيامِ وَحِفْظِ اللِّسانِ، وَغَضِّ الْبَصَرِ، وَلا تَجْعَلْ حَظَّنا مِنْهُ الْجُوعَ وَالْعَطَشَ

Ya Allah, kurniakan barakah kepada kami dalam Rejab dan Sya3ban, dan sampaikan kami ke bulan Ramadhan, dan bantulah kami untuk berpuasa dan qiam dan menjaga lidah, menutup penglihatan mata, dan jangan jadikan nasib kami padanya hanya lapar dan dahaga.

Kedua: hendaklah mandi, dari sebahagian daripada ulamak dari Rasulullah (S), baginda bersabda: Sesiapa yang mencapai bulan Rejab lalu mandi pada permulaan, pertengahan dan pada akhir bulan, akan dihapus dosa-dosanya seperti hari ibunya melahirkannya.
               

Keempat: Hendaklah bersholat selepas Sholat Maghrib dua puluh rakaat, membaca dalam setiap rakaat Fatehah Al-Kitab dan Qul Huwa Allahu Ahad sekali dan ucapkan salam antara setiap dua rakaat, akan dipelihara keluarganya, hartanya dan anak-anaknya, dan dilindungi dari azab kubur, dan membolehkan melepasi Al-Shirath cepat seperti kilat tanpa hisab...

Kelima: Hendaklah snolat dua rakaat selepas snolat ‘Isya’, bacaan pada rakaat pertama Fatehah Al-Kitab dan Wa _l-Dhuha dan Alam Nasyrah sekali dan Qul Huwa Allahu Ahad tiga kali, dan dalam rakaat kedua Fatehah Al-Kitab dan Wa _l-Dhuha dan Alam Nasyrah sekali dan Qul Huwa Allahu Ahad dan Al-Mu3auwazhatain (Al-Falaq dan Al-Nas), dan selepas salam bacalah: La Ilaha Illa Allah tiga puluh kali, dan berselawat ke atas Nabi (S) tiga puluh kali nescaya Allah akan mengampun dosa-dosanya seperti hari ibunya melahirkannya.

Keenam: snolat tiga puluh rakaat membaca dalam setiap rakaat Fatehah Al-Kitab dan Qul Ya Aiyuha Al-Kafirun, sekali, dan Surah Al Tauhid tiga kali.

Ketujuh: Telah disebut oleh Al-Syeikh dalam Al-Mishbah di mana dia berkata: Amalan pada malam pertama bulan Rajab: Diriwayatkan Abu Bakhtari Wahab bin Wahab Wahab  dari Al-Shadiq (as) dari bapanya, dari datuknya, dari Ali (as) katanya: bahawa dia suka mengosongkan dirinya empat malam dalam setahun, malam pertama bulan Rajab, Pertengan bulan Sya3ban, malam Hari Raya Fitrah. dan malam Hari Raya Korban.

Diriwayatkan dari Abu Jaafar Al-Tsani (as), beliau berkata: adalah mustahab untuk berdoa pada malam pertama bulan Rajab dengan doa ini selepas snolat ‘Isya’ pada akhir waktu:

اَللّـهُمَّ اِنّي اَساَلُكَ بِاَنَّكَ مَلِكٌ، واَنَّكَ عَلى كُلِّ شَيْيء مُقْتَدِرٌ، وَاَنَّكَ ما تَشاءُ مِنْ أَمْر يَكُونُ، اَللّـهُمَّ اِنّي اَتَوجَّهُ اِلَيْكَ بِنَبِيِّكَ مُحَمَّد نَبِيِّ الرَّحْمَةِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ، يا مُحَمَّدُ يا رَسُولَ اللهِ، اِنّي اَتَوجَّهُ بِكَ اِلَى اللهِ رَبِّكَ وَرَبِّي لِيُنْجِحَ لي بِكَ طَلِبَتي، اَللّـهُمَّ بِنَبِيِّكَ مُحَمَّد وَالاَئِمَّةِ مِنْ اَهْلِ بَيْتِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَيْهِمْ اَنْجِحْ طَلِبَتي .. ثمّ تسأل حاجتك .

Ya Allah, aku bermohon kepadaMu, Engkaulah Raja dan Tuhan, Engkaulah yang berkuasa atas segala sesuatu, dan Engkau menjadikan apa sahaja yang Engkau kehendaki, Ya Allah, aku menghadap kepadaMu demi nabiMu Muhammad nabi yang membawa rahmah (S), bahawa aku menghadapmu kepada Allah tuhanku untuk menyokongku atas permintaanku, Ya Allah, aku demi nabiMu Muhammad dan para imam ahli keluarganya (S) dan atas mereka menyokong permintaanku. Kemudian sebutkan hajatmu.

Dan Diriwayatkan oleh Ali bin Hadid katanya: Musa bin Jaafar (as) berkata ketika dia sujud setelah dia bersholat malam:


لَكَ الَمحْمِدَةُ أنْ اَطَعْتُكَ، وَلَكَ الْحُجَّةُ أنْ عَصَيْتُكَ، لا صُنْعَ لي وَلا لِغَيْري في اِحْسان إِلاّ بِكَ، ياكائِن (كائناً) قَبْلَ كُلِّ شَيْيء ، وَيا مُكَوِّنَ كُلِّ شَيْيء ، اِنَّكَ عَلى كُلِّ شَيْيء قَديرٌ، اَللّـهُمَّ اِنّي اَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَديلَةِ عِنْدَ الْمَوْتِ، وَمِنْ شَرِّ الْمَرْجِعِ فِي الْقُبُورِ، وَمِنَ النَّدامَةِ يَوْمَ الاْزِفَةِ، فَاَسْاَلُكَ اَنْ تُصَلِّيَ عَلى مُحَمَّد وَآلِ مُحَمَّد، واَنْ تَجْعَلَ عَيْشي عَيْشَةً نَقِيَّةً وَميتَتي ميتَةً سَوِيَّةً، وَمُنْقَلَبي مُنْقَلَباً كَريماً، غَيْرَ مُخْز وَلا فاضِح، اَللّـهُمَّ صَلِّ عَلى مُحَمَّد وَآلِهِ الاَئِمَّةَ، يَنابيعِ الْحِكْمَةِ وَاُولِى النِّعْمَةِ وَمَعادِنِ الْعِصْمَةِ، وَاْعصِمْني بِهِمْ مِنْ كُلِّ سُوء، وَلا تَأخُذْني عَلى غِرَّة، وَلا عَلى غَفْلَة، وَلا تَجْعَلْ عَواقِبَ اَعْمالي حَسْرةً، وَارْضَ عَنّي فَاِنَّ مَغْفِرَتَكَ لِلظّالِمينَ، وَاَنَا مِنَ الظّالِمينَ اَللّـهُمَّ اغْفِرْ لي ما لا يَضُرُّكَ، واَعْطِني ما لا يَنْقُصُكَ، فَاِنَّكَ الْوسيعُ رَحْمَتُهُ، الْبدَيعُ حِكْمَتُهُ، وَاَعْطِني السَّعَةَ وَالدِّعَةَ، والاَمْنَ وَالصِّحَّةَ، وَالْبُخُوعَ وَالْقُنُوعَ، وَالشُّكْرَ وَالْمُعافاةَ، والتَّقْوى وَالصَّبْرَ، وَالصِّدْقَ عَلَيْكَ وَعَلى اَوْلِيائِكَ، وَالْيُسْرَ وَالشُّكْرَ، وَاَعْمِمْ بِذلِكَ يا رَبِّ اَهْلي وَوَلَدي وَاِخْواني فيكَ وَمَنْ اَحْبَبْتُ وَاَحَبَّني، وَوَلَدْتُ وَوَلَدَني مِنَ الْمُسْلِمينَ وَالْمُؤْمِنينَ يا رَبَّ الْعالَمينَ .

Segala puji bagi-Mu dalam ketaataanku pada-Mu,
segala hujjah bagi-Mu dalam bermaksiat pada-Mu. Tidak ada kemampuan bagiku dan selainku untuk berbuat kebajikan kecuali dengan-Mu. Wahai Yang Ada sebelum segala sesuatu, wahai Yang Menciptakan segala sesuatu, sungguh Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari pujukan pada kebatilan saat sakratul maut, dari keburukan kediamanku di alam kubur, dan penyesalan pada hari kiamat. Aku bermohon kepadaMu bersalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, dan Kau jadikan penghidupanku penghidupan yang suci, kematianku kematian yang mulia, tempat kembaliku tempat kembali yang mulia, bukan yang hina dan memalukan. Ya Allah, sampaikan selawat kepada Muhammad dan para Imam dari keluarganya. Merekalah sumber hikmah,  pemilik kenikmatan dan tonggak keterjagaan dari kesalahan dan dosa. Dengan mereka jagalah aku dari semua keburukan, jangan siksa daku karena kelaiaan dan kealpaan, jangan jadikan akhir semua amalku kerugian, dan  ridhai aku. Karena sesungguhnya ampunan-Mu untuk orang-orang yang berbuat zalim, dan aku tergolong pada orang-orang yang berbuat zalim. Ya Allah, ampuni salah dan dosaku yang tak akan memudaratkan-Mu, berikan padaku kurnia yang tak akan mengurangi rahmat-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Luas rahmat-Nya, Maha Indah hikmah-Nya. Karuniakan padaku  keluasan rezeki dan kedamaian, keamanan dan kesehatan, kepuasan hati dan qana’ah, rasa terima kasih dan keselamatan, takwa dan kesabaran, kejujuran pada-Mu dan para kekasih-Mu, kemudahan dan rasa syukur. Ya Rabbi, berikan juga semua itu pada keluargaku, anak-anakku, saudara-saudaraku yang seiman, orang yang kucintai dan yang mencintaiku, keturunanku dan orang tuaku yang muslim dan mukmin, ya Rabba l-3alamin.

Berkata Ibn Asyim: doa ini diikuti oleh lapan rakaat sholat malam sebelum sholat Witir, kemudian sholat Witir tiga rakaat. Setelah salam sambil duduk katakanlah:

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذي لا تَنْفَدُ خَزائِنُهُ، وَلا يَخافُ آمِنُهُ، رَبِّ اِنِ ارْتَكَبْتُ الْمَعاصِيَ فَذلِكَ ثِقَةٌ مِنّي بِكَرَمِكَ اِنَّكَ تَقْبَلُ التَّوْبَةَ عَنْ عِبادِكَ، وَتَعْفُو عَنْ سَيِّئاتِهِمْ، وَتَغْفِرُ الزَّلَلَ، وَاِنَّكَ مُجيبٌ لِداعيكَ وَمِنْهُ قَريبٌ، وَاَنَا تائِبٌ اِلَيْكَ مِنَ الْخَطايا، وَراغِبٌ اِلَيْكَ في تَوْفيرِ حَظّي مِنَ الْعَطايا، يا خالِقَ الْبَرايا، يا مُنْقِذي مِنْ كُلِّ شَديدَة، يا مُجيري مِنْ كُلِّ مَحْذُور، وَفِّرْ عَلَيَّ السُّرُورَ، وَاكْفِني شَرَّ عَواقِبِ الاْمُورِ، فَاَنْتَ اللهُ عَلى نَعْمائِكَ وَجَزيلِ عَطائِكَ مَشْكُورٌ وَلِكُلِّ خَيْر مَذْخُورٌ

Segala puji bagi Allah yang tak akan habis khazanah-Nya, yang tak akan dikhawatirkan pengamanan-Nya. Ya Rabbi, jika kulakukan maksiat, itu karena aku percaya pada kemuliaan-Mu  bahawa Engkau menerima taubat hamba-Mu, mengampuni kesalahan mereka, memaafkan ketergelinciran mereka, memperkenankan orang yang memohon pada-Mu dan Engkau dekat dengannya. Aku adalah hamba-Mu bertaubat pada-Mu dari semua kesalahan, mencintai-Mu dalam limpahan karunia dan pemberian, wahai Pencipta manusia, wahai Pelindungku dari segala goncangan yang dahsyat, wahai Penyelamatku dari segala yang menakutkan, curahkan padaku kebahagiaan, lindungi aku dari keburukan akibat semua persoalan. Engkaulah Ya Allah yang berhak menerima rasa syukur atas semua nikmat dan limpahan karunia-Mu, dan Engkau juga simpanan semua kebaikan.

Ketahui bahawa setiap malam dari bulan-bulan suci ini ada sholat khusus yang disebut oleh ulamak kita sehingga tidak mampu kita menyenaraikannya.

Hari pertama bulan Rajab

Ia adalah hari yang mulia dan amalannya adalah:

Pertama: Puasa, telah diriwayatkan bahawa Nabi Nuh (as) telah menaiki bahteramya pada hari ini dan beliau memerintahkan supaya berpuasa bersamanya dan sesiapa yang berpuasa pada hari itu dijauhkan dari api neraka sejarak setahun perjalanan.

Kedua: Mandi.

Ketiga: Ziyarah Al-Hussein (as). Diriwayatkan oleh Al-Syeikh dari Bashir Al-Dahan dari Al-Shadiq (as) katanya: Barangsiapa ziarah Al-Hussein Bin Ali (as) pada hari pertama bulan Rajab, Allah akan mengampuni apa jua dosanya.

Keempat: berdoa dengan doa panjang yang diriwayatkan di dalam Kitan Al-Iqbal.

Kelima: Mulakan sholat dengan sholat Salman (ra), ia merupakan sholat tiga puluh rakaat, sholat pada hari ini sepuluh rakaat, Beri salam selepas setiap dua rakaat, dan membaca dalam setiap rakaat Fatehah Al-Kitab sekali, Qul Huwa Allahu Ahad tiga kali dan Qul Ya Aiyuha Al-Kafirun tiga kali, selepas beri salam angkatlah tangan, dan katakan:

لا اِلـهَ إلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لا شَريكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيي وَيُميتُ، وَهُوَ حَيٌّ لا يَمُوتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلى كُلِّ شَيْيء قَديرٌ

Tidak Tuhan kecuali Allah, Yang Mahaesa dan tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya semua kekuasaan dan bagi-Nya segala puji, Yang Menghidupkan dan mematikan. Dialah Yang Hidup dan tidak mati, di tangan semua kebaikan, Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Kemudian membaca doa:

اَللّـهُمَّ لا مانِعَ لِما اَعْطَيْتَ، وَلا مُعْطِيَ لِما مَنَعْتَ، وَلا يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ،

Ya Allah, tak akan ada yang mampu menghalangi apa yang Kau berikan, dan tak akan  ada yang mampu memberi apa yang Kau halangi. Tak akan memberi manfaat pada Pemiiik kebaikan yang datang dari-Mu.

Kemudian usapkan kedua tangan ke muka. Sholat ini juga dilakukan pada hari Nishfu Rajab (pertengahan bulan), hanya perbezananya selepas membaca

(عَلى كُلِّ شَيْيء قَديرٌ)

Membaca pula:

وَصَلَّى اللهُ عَلى مُحَمَّد وَآلِهِ الطّاهِرينَ وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاّ بِاللهِ الاعَلِيِّ ْلْعَظيمِ،

Kemudian usapkan kedua tangan ke muka, dan meminta hajatnya. Ini adalah sholat yang bermanfaat yang tidak boleh diabaikan, dan bagi Salman (semoga Allah merahmatinya) juga mendirikan sholat lain pada hari ini, ia adalah sholat sepuluh rakaat dengan membaca dalam setiap rakaat Fatehah Al-Kitab sekali dan Surah Al-Tauhid tiga kali, ia adalah sholat dengan keutamaan yang besar,sehinggakan dtjamin diampunkan dosanys, dan dicegah fitnah kubur dan dari azab pada hari kiamat dan bagi yang sholat akan dibebaskan dan dijauhkan dirinya dari penyakit lepra dan penyakit kusta.

Dan Diriwayatkan oleh Al-Syed dalam Al-Iqbal sholat yang lain juga pada hari ini, sila rujuk jika anda suka, dan pada hari ini pada tahun lima puluh tujuh (H) pada beberapa qaul ia adalah kelahiran Imam Al-Baqir (as), Tetapi pilihan saya ialah hari ketiga bulan Safar.

Pada hari yang ketiga pada bulan ini, pada sebahagian riwayat ia adalah kelahiran Imam Ali Al-Naqi (as) dan kematiannya adalah pada hari ketiga bulan ini, tahun 254 dalam misteri bagi siapa yang melihat.

Hari ke 10: Ia adalah pada pendapat Ibn 3iyasy kelahiran Imam Muhammad Al-Taqi (as).


Malam ketiga belas

Ketahuilah bahawa adalah mustahab untuk sholat pada setiap malam-malam Al-Baidh dari ketiga-tiga hari di bulan Rejab, Sya3ban dan Ramadhan iatu pada malam ketiga belasnya sholat  dua rakaat, dengan membaca dalam setiap rakaat Fatehah Al-Kitab sekali dan Surah Ya Sin, Tabaraka Al-Mulk, Surah Al-Tauhid, dan sholat seumpamanya empat rakaat dengan dua salam pada malam yang keempat belas, dan mendirikan enam rakaat sholat sepertinya dengan salam pada setiap dua rakaatnya pada malam kelima belas, diriwayatkan Al-Shadiq (as) bahawa dia melakukannya dan mengutamakan tiga bulan-bulan ini, dan akan diampunkan semua dosa kecuali syirik.


Hari Ketiga belas

Hari ini adalah hari-hari Al-Biyadh. Pada hari-hari Al-Biyadh hari ke 13, 14 dan 15 disunnahkan berpuasa. Berpuasa pada hari-hari Al-Biyadh memiliki pahala yang banyak. Disunnahkan juga membaca Doa Umm Dawud. Menurut riwayat yang masyhur hari ini adalah hari kelahiran Imam Ali bin Abi Thalib (shalawatu Allah wa salamuhu 3alaihi) di dalam Ka’bah, 30 tahun setelah tahun Gajah.

Malam Nishfu Rajab (Kelima belas)       

Ia adalah malam yang mulia di mana disunnahkan beramal:
      
Pertama: Mandi.

Kedua: Menghidupkannya dengan beribadah, seperti yang dikatakan oleh Al-3alamah Al-Majlisi.


Keempat: sholat enam rakaat yang zikirnya sama seperti pada malam ketiga belas.

Kelima: Sholat tiga puluh rakaat, membaca dalam setiap rakaat Fatehah Al-Kitab sekali dan Surah Al-Tauhid sepuluh kali, Al-Syed telah meriwayatkan sholat ini dari Rasulullah (S) dan meriwayatkan ianya memiliki pahala yang banyak.

Keenam: Sholat dua belas raka'at. ucapkan salam antara setiap dua rakaat, Baca dalam setiap rakaat Surah Fatehah, Al-Tauhid, Al-Falaq, Al-Nas, Ayat Al-Kursiy, dan Surah (Inna Anzalna) empat kali, kemudian beri salam dan berkata selepas seketika empat kali:

اَللهُ اَللهُ رَبّي لا اُشْرِكُ بِهِ شَيْئاً، وَلاَ اَتَّخِذُ مِنْ دُونِه وَلِيّاً،

Allah, Allah, Tuhanku, tidak kusekutukan padaNya dengan sesuatu dan tidak kuambil selain Dia sebagai Pelindung (Wali),

dan kemudian bacalah doa yang disukai,

Al-Syed telah meriwayatkan sholat ini dari Al-Shadiq (as) dalam bentuk yang serupa, tetapi Al-Syeikh berkata dalam Al-Mishbah: diriwayatkan dari Dawud bin Sarhan dari Al-Shadiq (as) katanya: sholat malam Nishfu Rajab dua belas rakaat dan membaca dalam setiap rakaat Al-Hamd dan Surah, Apabila selesai sholat bacalah Al-Hamd dan Al-Mu3auwazatain (Surah Al-Falaq, Al-Nas) dan Surah Al-Ikhlas dan Ayat Al-Kursiy empat kali.

Kemudian berkata selepas itu empat kali:

سُبْحانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ وَلا اِلـهَ إلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ

dan kemudian berkata:

اَللهُ اَللهُ رَبّي لا اُشْرِكُ بِهِ شَيْئاً، وَما شاءَ اللهُ لا قُوَّةَ إِلاّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظيمِ

Dan berkata pada malam dua puluh tujuh yang seumpamanya..


Siang hari Nishfu Rajab (Kelima belas)

Ia adalah hari yang diberkati di mana disunnahkan beramal:

Pertama: Mandi.

Kedua: Ziyarah Al-Hussein (as) yang diriwayatkan oleh Ibn Abi Nasr bahawa dia berkata: Aku bertanya Abu Al-Hassan Al-Redha (as): Dalam bulan mana kita Ziyarah Al-Hussein (as)? Katanya: pada pertengahan (Nishfu) Rajab, dan Nishfu Sya3ban.

Ketiga: Sholat Salman, cara yang seperti hari pertama.

Keempat: Sholat empat rakaat, selepas salam angkat  tangannya dan berkata:

 اَللّـهُمَّ يا مُذِلَّ كُلِّ جَبّار، وَيا مُعِزَّ الْمُؤْمِنينَ، اَنْتَ كَهْفي حينَ تُعْيينِى الْمَذاهِبُ، وَاَنْتَ بارِئُ خَلْقي رَحْمَةً بي وَقَدْ كُنْتَ عَنْ خَلْقي غَنِيّاً، وَلَوْلا رَحْمَتُكَ لَكُنْتُ مِنَ الْهالِكينَ، وَاَنْتَ مُؤَيِّدي بِالنَّصْرِ عَلى اَعْدائي وَلَوْلا نَصْرُكَ اِيّايَ لَكُنْتُ مِنَ الْمَفْضُوحينَ، يا مُرْسِلَ الرَّحْمَةِ مِنْ مَعادِنِها، وَمُنْشِىءَ الْبَرَكَةِ مِنْ مَواضِعِها، يا مَنْ خَصَّ نَفْسَهُ بِالشُّمُوخِ وَالرِّفْعَةِ، فَاَوْلِياؤُهُ بِعِزِّهِ يَتَعَزَّزُونَ، وَيا مَنْ وَضَعَتْ لَهُ الْمُلُوكِ نيرَ الْمَذَلَّةِ عَلى اَعْناقِهِمْ، فَهُمْ مِنْ سَطَواتِهِ خائِفُونَ، اَساَلُكَ بِكَيْنُونِيَّتِكَ الَّتِي اشْتَقَقْتَها مِنْ كِبْرِيائِكَ، وَاَساَلُكَ بِكِبْرِيائِكَ الَّتِى اشْتَقَقْتَها مِنْ عِزَّتِكَ، وَاَساَلُكَ بِعِزَّتِكَ الَّتِي اسْتَوَيْتَ بِها عَلى عَرْشِكَ فَخَلَقْتَ بِها جَميعَ خَلْقِكَ فَهُمْ لَكَ مُذْعِنُونَ اَنْ تُصَلِّيَ عَلى مُحَمَّد وَاَهْلِ بَيْتِهِ .
وفي الحديث ما دعا بهذا الدّعاء مكروب الّا نفّس الله كُربته .

Ya Allah, wahai zat yang menghinakan semua penzalim, wahai zat yang memuliakan orang beriman. Engkau adalah tempat berlindung ketika aku lelah mengharungi perjalanan hidup. Wahai Tuhanku, Engkau menciptakanku lantaran kecintaan-Mu padaku meski sebetulnya Engkau tak memerlukan diriku. Seandainya tak ada kasih sayang-Mu maka pastilah aku termasuk orang yang celaka. Engkau adalah penolong yang memenangkanku atas musuh-musuhku. Seandainya Engkau tidak menolongku, pasti aku akan dipermalukan. Wahai zat yang menebarkan rahmat dari sumber-sumbernya. Wahai Zat yang mengistimewakan diriNya dengan keagungan dan ketinggian, sehingga para kekasih-Nya menjadi agung karena-Nya. Wahai zat yang dipatuhi oleh semua penguasa karena mereka dikalungi kekang kehinaan, sehingga mereka takut pada kekuatan-Nya. Aku memohon kepada-Mu, dengan segala kewujudan -Mu yang bersumber dari kebesaran-Mu. Aku memohon kepada-Mu dengan segala keagunan-Mu yang bersumber dari keagungan-Mu. Aku memohon kepada-Mu dengan keagungan-Mu yang Engkau bawa bersemayam di atas arasy-Mu, lalu Engkau gunakan untuk menciptakan semua makhluk-Mu sehingga mereka tunduk kepada-Mu.
(Aku memohon kepada-Mu) limpahkanlah shalawat kepada Muhammad dan keluarganya.

Dalam hadith, doa 'ini tidak dipohon kepada Allah kecuali atas kegelisahan yang sama.

Kelima: Doa Umm Dawud, yang merupakan amalan yang penting pada hari ini dan kesannya untuk dikabulkan semua hajat, menghilangkan bencana dan terlepas dari penganiayaan penzalim, dan bentuknya seperti yang dinyatakan oleh Al-Syeikh dalam Al-Misshbah, bahawa orang yang mengiginkannya hendaklah berpuasa pada hari ketiga belas, keempat belas dan kelima belas: Pada waktu tengah hari (zawal) pada hari yang kelima belas hendaklah mandi, Apabila tergelincir matahari hendaklah sholat Dzohor dan ‘Asar, perelokkan ruku3 dan sujud keduanya, dan hendaklah ia berada di tempat kosong (sunyi) yang tidak mendatangkan keresahan, dan tidak berkata-kata kepada orang lain. Apabila ia selesai sholat lalu menghadap kiblat dan membaca Al-Hamd (Fatehah) seratus kali, Surah Al-Ikhlas seratus kali dan Ayat Al-Kursiy, sepuluh kali, kemudian selepas itu membaca Surah Al An3am, dan Surah Bani Israel (Al-Israa’), Al-Kahf, Luqman, YaSin, Shaaffaat, dan HaMim, Sajdah HaMim, 3ainSinQaf wa HaMim, Al-Dukhan, Al-Fath, Al-Waqi3ah, Al-Mulk, Nun, dan (Izha_S-Samaain Insyaqqat), dan seterusnya hingga akhir Al-Quran, jika selesai, katakanlah yang berikut, dengan menghadap kiblat:

صَدَقَ اللهُ الْعَظيمُ الَّذي لا اِلـهَ إِلاّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، ذُو الْجَلالِ وَالاِْكْرامِ، الرَّحْمنُ الرَّحيمُ، الْحَليمُ الْكَريمُ، الَّذي لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّميعُ الْعَليمُ الْبَصيرُ الْخَبيرُ، شَهِدَ اللهُ اَنَّهُ لا اِلـهَ إِلاّ هُوَ وَالْمَلائِكَةُ وَاُولُو الْعِلْمِ قائِماً بِالْقِسْطِ لا اِلـهَ إِلاّ هُوَ الْعَزيزُ الْحَكيمُ، وَبَلَّغَتْ رُسُلُهُ الْكِرامُ وَاَنَا عَلى ذلِكَ مِنَ الشّاهِدينَ، اَللّـهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ، وَلَكَ الَْمجْدُ، وَلَكَ الْعِزُّ، وَلَكَ الْفَخْرُ، وَلَكَ الْقَهْرُ، وَلَكَ النِّعْمَةُ، وَلَكَ الْعَظَمَةُ، وَلَكَ الرَّحْمَةُ، وَلَكَ الْمَهابَةُ، وَلَكَ السُّلْطانُ، وَلَكَ الْبَهاءُ، وَلَكَ الاِْمْتِنانُ، وَلَكَ التَّسْبيحُ، وَلَكَ التَّقْديسُ، وَلَكَ التَّهْليلُ، وَلَكَ التَّكْبيرُ، وَلَكَ ما يُرى، وَلَكَ ما لا يُرى، وَلَكَ ما فَوْقَ السَّمواتِ الْعُلى، وَ لَكَ ما تَحْتَ الثَّرى، وَلَكَ الاَْرَضُونَ السُّفْلى، وَلَكَ الاْخِرَةُ وَالاُْولى، وَلَكَ ما تَرْضى بِهِ مِنَ الثَّناءِ وَالْحَمْدِ وَالشُّكرِ وَ النَّعْماءِ، اَللّـهُمَّ صَلِّ عَلى جَبْرَئيلَ اَمينِكَ عَلى وَحْيِكَ، وَالْقَوِيِّ عَلى اَمْرِكَ، وَالْمُطاعِ في سَمواتِكَ، وَمَحالِّ كَراماتِكَ الْمُتَحَمِّلِ لِكَلِماتِكَ النّاصِرِ لاَِنْبِيائِكَ الْمُدَمِّرِ لاَِعْدائِكَ، اَللّـهُمَّ صَلِّ عَلى ميكائيلَ مَلَكِ رَحْمَتِكَ، وَالَْمخْلُوقِ لِرَأْفَتِكَ، وَالْمُسْتَغْفِرِ الْمُعينِ لاَِهْلِ طاعَتِكَ، اَللّـهُمَّ صَلِّ عَلى اِسْرافيلَ حامِلِ عَرْشِكَ، وَصاحِبِ الصُّورِ الْمُنْتَظِرِ لاَِمْرِكَ، الْوَجِلِ الْمُشْفِقِ مِنْ خيفَتِكَ، اَللّـهُمَّ صَلِّ عَلى حَمَلَةِ الْعَرْشِ الطّاهِرينَ، وَعَلى السَّفَرَةِ الْكِرامِ الْبَرَرَةِ الطَّيِّبينَ، وَعَلى مَلائِكَتِكَ الْكِرامِ الْكاتِبينَ، وَ عَلى مَلائِكَةِ الْجِنانِ، وَخَزَنَةِ النّيرانِ، وَمَلَكِ الْمَوْتِ وَالاَْعْوانِ، يا ذَا الْجَلالِ وَالاِْكْرامِ، اَللّـهُمَّ صَلِّ عَلى اَبينا آدَمَ بَديعِ فِطْرَتِكَ الَّذي كَرَّمْتَهُ بِسُجُودِ مَلائِكَتِكَ، وَاَبَحْتَهُ جَنَّتَكَ، اَللّـهُمَّ صَلِّ عَلى اُمِّنا حَوّاءَ الْمُطَهَّرَةِ مِنَ الرِّجْسِ، الْمُصَفّاةِ مِنَ الدَّنَسِ، الْمُفَضَّلَةِ مِنَ الاِْنْسِ، الْمُتَرَدِّدَةِ بَيْنَ مَحالِّ الْقُدْسِ، اَللّـهُمَّ صَلِّ عَلى هابيلَ وَشَيْث وَاِدْريسَ وَنُوح وَهُود وَصالِح وَ اِبْراهيمَ وَاِسْماعيلَ وَاِسْحاقَ وَيَعْقُوبَ وَيُوسُفَ وَالاَْسْباطِ وَلُوط وَشُعَيْب وَاَيُّوبَ وَمُوسى وَهارُونَ وَيُوشَعَ وَميشا وَالْخِضْرِ وَذِى الْقَرْنَيْنِ وَيُونُسَ وَاِلْياسَ وَالْيَسَعَ وَذِي الْكِفْلِ وَطالُوتَ وَداوُدَ وَسُلَيْمانَ وَزَكَرِيّا وَشَعْيا وَيَحْيى وَتُورَخَ وَمَتّى وَاِرْمِيا وَحَيْقُوقَ وَدانِيالَ وَعُزَيْر وَعيسى وَشَمْعُونَ وَجِرْجيسَ وَالْحَوارِيّينَ وَالاَْتْباعِ وَخالِد وَحَنْظَلَةَ وَلُقْمانَ، اَللّـهُمَّ صَلِّ عَلى مُحَمَّد وَآلِ مُحَمَّد، وَارْحَمْ مُحَمَّداً وَآلَ مُحَمَّد، وَبارِكْ عَلى مُحَمَّد وَآلِ مُحَمَّد، كَما صَلَّيْتَ وَرَحِمْتَ وَبارَكْتَ عَلى اِبْرهيمَ وَآلِ اِبْرهيمَ اِنَّكَ حَميدٌ مَجيدٌ، اَللّـهُمَّ صَلِّ عَلَى الاَْوْصِياءِ وَالسُّعَداءِ وَالشُّهَداءِ وَاَئِمَّةِ الْهُدى، اَللّـهُمَّ صَلِّ عَلَى الاَْبْدالِ وَالاَْوْتادِ وَالسُّيّاحِ وَالْعُبّادِ وَالُْمخْلِصينَ وَالزُّهّادِ وَاَهْلِ الجِدِّ وَالاِْجْتِهادِ، وَاخْصُصْ مُحَمَّداً وَاَهْلَ بَيْتِهِ بِاَفْضَلِ صَلَواتِكَ وَاَجْزَلِ كَراماتِكَ، وَبَلِّغْ رُوحَهُ وَ جَسَدَهُ مِنّي تَحِيَّةً وَسَلاماً، وَزِدْهُ فَضْلاً وَشَرَفاً وَكَرَماً، حَتّى تُبَلِّغَهُ اَعْلى دَرَجاتِ اَهْلِ الشَّرَفِ مِنَ النَّبِيّينَ وَالْمُرْسَلينَ وَالاَْفاضِلِ الْمُقَرَّبينَ، اَللّـهُمَّ وَصَلِّ عَلى مَنْ سَمَّيْتُ وَمَنْ لَمْ اُسَمِّ مِنْ مَلائِكَتِكَ وَاَنْبِيائِكَ وَرُسُلِكَ وَاَهْلِ طاعَتِكَ، وَاَوْصِلْ صَلَواتي اِلَيْهِمْ وَاِلى اَرْواحِهِمْ، وَاجْعَلْهُمْ اِخْواني فيكَ وَاَعْواني عَلى دُعائِكَ، اَللّـهُمَّ اِنّي اَسْتَشْفِعُ بِكَ اِلَيْكَ، وَبِكَرَمِكَ اِلى كَرَمِكَ، وَبِجُودِكَ اِلى جُودِكَ، وَبِرَحْمَتِكَ اِلى رَحْمَتِكَ، وَبِاَهْلِ طاعَتِكَ اِلَيْكَ، وَاَساَلُكَ الّلهُمَّ بِكُلِّ ما سَأَلَكَ بِهِ اَحَدٌ مِنْهُمْ مِنْ مَسْأَلَة شَريفَة غَيْرِ مَرْدُودَة، وَبِما دَعَوْكَ بِهِ مِنْ دَعْوَة مُجابَة غَيْرِ مُخَيَّبَة، يااَللهُ يارَحْمنُ يا رَحيمُ يا كَريمُ يا عَظيمُ يا جَليلُ يا مُنيلُ يا جَميلُ يا كَفيلُ يا وَكيلُ يا مُقيلُ يا مُجيرُ يا خَبيرُ يا مُنيرُ يا مُبيرُ يا مَنيعُ يا مُديلُ يا مُحيلُ يا كَبيرُ يا قَديرُ يا بَصيرُ يا شَكُورُ يا بَرُّ يا طُهْرُ يا طاهِرُ يا قاهِرُ يا ظاهِرُ يا باطِنُ يا ساتِرُ يا مُحيطُ يا مُقْتَدِرُ يا حَفيظُ يا مُتَجَبِّرُ يا قَريبُ يا وَدُودُ يا حَميدُ يا مَجيدُ يا مُبْدِئُ يا مُعيدُ يا شَهيدُ يا مُحْسِنُ يا مُجْمِلُ يا مُنْعِمُ يا مُفْضِلُ يا قابِضُ يا باسِطُ يا هادي يا مُرْسِلُ يا مُرْشِدُ يا مُسَدِّدُ يا مُعْطي يا مانِعُ يا دافِعُ يا رافِعُ يا باقي يا واقي يا خَلاّقُ يا وَهّابُ يا تَوّابُ يا فَتّاحُ يا نَفّاحُ يا مُرْتاحُ يا مَنْ بِيَدِهِ كُلُّ مِفْتاح، يا نَفّاعُ يا رَؤوفُ يا عَطُوفُ يا كافي يا شافي يا مُعافي يا مُكافي يا وَفِيُّ يا مُهَيْمِنُ يا عَزيزُ يا جَبّارُ يا مُتَكَبِّرُ يا سَلامُ يا مُؤْمِنُ يا اَحَدُ يا صَمَدُ يا نُورُ يا مُدَبِّرُ يا فَرْدُ يا وِتْرُ يا قُدُّوسُ يا ناصِرُ يا مُؤنِسُ يا باعِثُ يا وارِثُ يا عالِمُ يا حاكِمُ يا بادي يا مُتَعالي يا مُصَوِّرُ يا مُسَلِّمُ يا مُتَحَّبِّبُ يا قائِمُ يا دائِمُ يا عَليمُ يا حَكيمُ يا جَوادُ يا بارِىءُ يا بارُّ يا سارُّ يا عَدْلُ يا فاصِلُ يا دَيّانُ يا حَنّانُ يا مَنّانُ يا سَميعُ يا بَديعُ يا خَفيرُ يا مُعينُ يا ناشِرُ يا غافِرُ يا قَديمُ يا مُسَهِّلُ يا مُيَسِّرُ يا مُميتُ يا مُحْيي يا نافِعُ يا رازِقُ يا مُقْتَدِرُ يا مُسَبِّبُ يا مُغيثُ يا مُغْني يا مُقْني يا خالِقُ يا راصِدُ يا واحِدُ يا حاضِرُ يا جابِرُ يا حافِظُ يا شَديدُ يا غِياثُ يا عائِدُ يا قابِضُ، يا مَنْ عَلا فَاسْتَعْلى فَكانَ بِالْمَنْظَرِ الاَْعْلى، يا مَنْ قَرُبَ فَدَنا وَبَعُدَ فَنَأى، وَعَلِمَ السِّرَّ وَاَخْفى، يا مَنْ اِلَيْهِ التَّدْبيرُ وَلَهُ الْمَقاديرُ، وَيا مَنِ الْعَسيرُ عَلَيْهِ سَهْلٌ يَسيرٌ، يا مَنْ هُوَ عَلى ما يَشاءُ قَديرٌ، يا مُرْسِلَ الرِّياحِ، يا فالِقَ الاِْصْباحِ، يا باعِثَ الاَْرْواحِ، يا ذَا الْجُودِ وَالسَّماحِ، يا رادَّ ما قَدْ فاتَ، يا ناشِرَ الاَْمْواتِ، يا جامِعَ الشَّتاتِ، يا رازِقَ مَنْ يَشاءُ بِغَيْرِ حِساب، وَيا فاعِلَ ما يَشاءُ، كَيْفَ يَشاءُ وَيا ذَا الْجَلالِ وَالاِْكْرامِ، يا حَيُّ يا قَيُّومُ، يا حَيّاً حينَ لا حَيَّ، يا حَيُّ يا مُحْيِيَ الْمَوْتى يا حَيُّ لا اِلـهَ إِلاّ اَنْتَ بَديعُ السَّماواتِ وَالاَْرْضِ، يا اِلهي وَسَيِّدي صَلِّ عَلى مُحَمَّد وَآلِ مُحَمَّد، وَارْحَمْ مُحَمَّداً وَآلَ مُحَمَّد، وَبارِكْ عَلى مُحَمَّد وَآلِ مُحَمَّد، كَما صَلَّيْتَ وَبارَكْتَ وَرَحِمْتَ عَلى اِبْرهيمَ وَآلِ اِبْرهيمَ اِنَّكَ حَميدٌ مَجيدٌ، وَارْحَمْ ذُلىّ وَ فاقَتي وَفَقْري وَانْفِرادي وَوَحْدَتي وَخُضُوعي بَيْنَ يَدَيْكَ وَاعْتِـمادي عَلَيْكَ، وَتَضَرُّعي اِلَيْكَ، اَدْعُوكَ دُعاءَ الْخاضِعِ الذَّليلِ الْخاشِعِ، الْخائِفِ الْمُشْفِقِ الْبائِسِ، الْمَهينِ الْحَقيرِ، الْجائِعِ الْفَقيرِ، الْعائِذِ الْمُسْتَجيرِ، الْمُقِرِّ بِذَنْبِهِ الْمُسْتَغْفِرِ مِنْهُ، الْمُسْتَكينِ لِرَبِّهِ، دُعاءَ مَنْ اَسْلَمْتَهُ ثَقِتُهُ، وَرَفَضَتْهُ اَحِبَتُّهُ، وَعَظُمَتْ فَجيعَتُهُ، دُعاءَ حَرِق حَزين، ضَعيف مَهين، بائِس مُسْتَكين بِكَ مُسْتَجير، اَللّـهُمَّ وَاَساَلُكَ بِاَنَّكَ مَليكٌ، وَاَنَّكَ ما تَشاءُ مِنْ اَمْر يَكُونُ، وَاَنَّكَ عَلى ما تَشاءُ قَديرٌ، وَاَساَلُكَ بِحُرْمَةِ هذَا الشَّهْرِ الْحَرامِ، وَالْبَيْتِ الْحَرامِ، وَالْبَلَدِ الْحَرامِ، وَالرُّكْنِ وَالْمَقامِ، وَالْمَشاعِرِ الْعِظامِ، وَبِحَقِّ نَبِيِّكَ مُحَمَّد عَلَيْهِ وَآلِهِ السَّلامُ، يا مَنْ وَهَبَ لاِدَمَ شِيْثاً، وَلاِِبْراهيمَ اِسْماعيلَ وَاِسْحاقَ، وَيا مَنْ رَدَّ يُوسُفَ عَلى يَعْقُوبَ، وَيا مَنْ كَشَفَ بَعْدَ الْبَلاءِ ضُرَّ اَيُّوبَ، يا رادَّ مُوسى عَلى اُمِّهِ، وَ زائِدَ الْخِضْرِ في عِلْمِهِ، وَيا مَنْ وَهَبَ لِداوُدَ سُلَيْمانَ، وَلِزَكَرِيّا يَحْيى، وَلِمَرْيَمَ عيسى، يا حافِظَ بِنْتِ شُعَيْب، وَيا كافِلَ وَلَدِ اُمِّ مُوسى، اَساَلُكَ اَنْ تُصَلِّيَ عَلى مُحَمَّد وَآلِ مُحَمَّد، وَاَنْ تَغْفِرَ لِي ذُنُوبي كُلَّها، وَتُجيرَني مِنْ عَذابِكَ، وَتُوجِبَ لي رِضْوانَكَ وَاَمانَكَ وَاِحْسانَكَ وَغُفْرانَكَ وَجِنانَكَ، وَاَساَلُكَ اَنْ تَفُكَّ عَنّي كُلَّ حَلْقَة بَيْني وَبَيْنَ مَنْ يُؤْذيني، وَتَفْتَحَ لي كُلَّ باب، وَتُلَيِّنَ لي كُلَّ صَعْب، وَتُسَهِّلَ لي كُلَّ عَسَير، وَتُخْرِسَ عَنّي كُلَّ ناطِق بِشَرٍّ، وَتَكُفَّ عَنّي كُلَّ باغ، وَتَكْبِتَ عَنّي كُلَّ عَدُوٍّ لي وَحاسِد، وَتَمْنَعَ مِنّي كُلَّ ظالِم، وَتَكْفِيَني كُلَّ عائِق يَحُولُ بَيْني وَبَيْنَ حاجَتي، وَيُحاوِلُ اَنْ يُفَرِّقَ بَيْني وَبَيْنَ طاعَتِكَ، وَيُثَبِّطَني عَنْ عِبادَتِكَ، يا مَنْ اَلْجَمَ الْجِنَّ الْمُتَمَرِّدينَ، وَقَهَرَ عُتاةَ الشَّياطينِ، وَاَذَلَّ رِقابَ الْمُتَجَبِّرينَ، وَرَدَّ كَيْدَ الْمُتَسَلِّطين عَنِ الْمُسْتَضْعَفينَ، اَساَلُكَ بِقُدْرَتِكَ عَلى ما تَشاءُ، وَتَسْهيلِكَ لِما تَشاءُ كَيْفَ تَشاءُ اَنْ تَجْعَلَ قَضاءَ حاجَتي فيما تَشاءُ .
ثمّ اسجد على الارض وعفّر خدّيك وقل :
اَللّـهُمَّ لَكَ سَجَدْتُ، وَبِكَ امَنْتُ، فَارْحَمْ ذُلّي وَفاقَتي، وَاجْتِهادي وَتَضَرُّعي، وَمَسْكَنَتي وَفَقْرى اِلَيْكَ يا رَبِّ .

Dan berusaha menjadikan mata anda jelas, walaupun air mata mengalir bercucuran, itu adalah tanda ianya terjawab.


Hari Kedua Puluh Lima:

Pada hari ini pada tahun seratus lapan puluh tiga adalah kematian Imam Musa bin Jaafar (as) di Baghdad dan beliau berumur lima puluh lima tahun, ia adalah hari memperbaharui kesedihan keluarga Muhammad (as) dan Syiah mereka.


Malam yang kedua puluh tujuh

Ia adalah malam menghidupkannya kembali, dan ia adalah malam-malam yang diberkati, dan ada amalan di dalamnya:

Pertama: berkata Al-Syeikh dalam Al-Mishbah: diriwayatkan daripada Abi Jaafar Al-Jawad (as) katanya: Bahawa pada malam Rajab adalah baik bagi manusia dari terbit matahari, ia adalah malam kedua puluh tujuh, ia dibina oleh Rasulullah (S) pada waktu paginya, dan bahawa bagi yang beramal padanya dari syiah kami ganjarannya seumpama beramal selama enam puluh tahun. Dikatakan, apakah amalan yang perlu dilakukan? Beliau berkata: Apabila selesai sholat ‘Isya’ dan kemudian mengambil tempat tidurmu dan kemudian bangun pada bila-bila masa di waktu malam sebelum tengah malam dan sholat dua belas rakaat, membaca pada setiap rakaat Al-Hamd dan kumpulan Surah-surah yang ringan, dan bahagian Surah Muhammad (S) dan seterusnya hingga akhir Al-Quran, dan salam antara setiap dua rakaat, setelah selesai sholat duduk selepas salam (akhir) dan membaca Al-Hamd tujuh kali, Al-Mu3auwazatain (Surah Al-Falaq, Al-Nas) tujuh kali, dan (Qul Huwa Allahu Ahad) dan (Qul Ya Aiyuha Al-Kafirun) kedua-duanya tujuh kali, dan Inna Anzalna dan Ayat Al-Kursiy kedua-duanya tujuh kali, dan ucapkanyang berikut selepas semua itu:

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذي لَمْ يَتَّخِذْ وَلَداً وَلَمْ يَكُنْ لَهُ شَريكٌ في الْمُلْكِ، وَلَمْ يَكُنْ لَهُ وَلِيٌّ مِنَ الذُّلِّ وَكَبِّرْهُ تَكْبيراً. اَللّـهُمَّ اِنّي اَساَلُكَ بِمَعاقِدِ عِزِّكَ عَلَىَّ، اَرْكانِ عَرْشِكَ، وَمُنْتَهَى الرَّحْمَةِ مِنْ كِتابِكَ، وَبِاسْمِكَ الاَعْظَمِ الاَعْظَمِ الاَعْظَمِ، وَذِكْرِكَ الاَعْلَى الاَعْلَى الاَعْلَى، وَبِكَلِماتِكَ التّامّاتِ اَنْ تُصَلِّيَ عَلى مُحَمَّد وَآلِهِ، وَاَنْ تَفْعَلَ بي ما اَنْتَ اَهْلُهُ .


Kemudian minta apa yang dikehendaki, dan mustahab mandi pada malam ini, dan mengulangi zikir pada malam pertengahan (nishfu) Rajab (halaman 143) juga sholat pada malam ini.

Kedua: Ziyarah Amirul Mukminin (as), ia adalah amalan terbaik pada malam ini, dan bagi beliau (as) pada malam ini ada tiga ziyarah akan dirujuk mengenainya dalam bab ziyarah-ziyarah, Insya-Allah, dan adalah diketahui bahawa Abu Abdullah Muhammad Ibn Battutah, ia adalah seorang ulama Sunni yang hidup sebelum enam abad telah membawa Zikr Al-Marqad (Zikr Maqam) Al-Thahir bagi Maulana Amirul Mukminin (as), dalam dikenali oleh perjalanannya yang terkenal bertajuk (Perjalanan Ibnu Battutah) apabila dia berkata ketika memasuki kota Najaf sekembalinya dari Makkah Al-Mu3adzdzimah, beliau berkata: penduduk bandar ini, semuanya Rafidiyah dan raudhah (taman) ini menampakkan kebesaran (karamaat) beliau, pada malam hari kedua puluh tujuh Rajab, dan mereka memanggilnya malam yang hidup, mereka akan datang taman ini dengan semua perlakuan, dari Iraq, dan Khurasan, Parsi dan Rom, mereka berkumpul seramai tiga puluh atau empat puluh prang dan sebagainya, Apabila selepas snolat ‘Isya’ seterusnya dibuat melalui maqam suci dan ramai orang yang menunggu-nunggu sambil berdiri, di antara mereka ada yang berselawat, ada yang berzikir dan tinggi dan ada yang menjadi penonton di maqam itu, Apabila berlalu separuh atau dua pertiga malam atau sekitarnya, semua orang berdiri sihat (segar)  tiada yang yang melampau, mereka berkata:

لا اِلـهَ إلاَّ اللهُ مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللهِ عَلَيٌّ وَليُّ اللهِ

tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah Ali Wali Allah,

dan inilah yang banyak mereka dengar daripada yang boleh dipercayai dan tidak membudayakan malam itu, tetapi saya melihat tiga orang pengunjung pelajat, salah seorang daripada mereka dari tanah Rom, dan yang kedua dari Isfahan, dan yang ketiga dari Khurasan, dan sedang mereka sedang duduk, dan saya akan memberitahu mereka tentang urusan mereka, dan mereka memberitahu saya bahawa mereka tidak menyedari malam yang hidup itu,, dan mereka menunggu satu tahun lagi, dan pada malam ini orang-orang akan berkumpul di ini dari berbagai negara, dan ajan bangun sebuah pasar besar selama sepuluh hari.

Aku katakan: tidak akan sempurna perkhabaran ini, jika tidak dikemukakan dari raudhah (taman) mulia ini tentang kebesaran (karamaat) yang membuktikan kepada kita jalan yang mutawatir yang melebihi had perhitungan, ia berlaku pada bulan Syawal tahun lepas, 1340- seorang Mulla (ahli fiqh) telah melihat keajaiban yang luar biasa dan mustahil pada pemikiran di mana dari Maqam Suci Imam kita terdapat Imam kelapan dari Imam-imam petunjuk dan penjamin ummah yang berdosa Maulana Abul Hasan Ali bin Musa Al-Ridha (shalawatu Allah wa salamuhu 3alaihi), Terdapat tiga wanita yang mengalami pendarahan atau rakan-rakannya telah meminta di Maqam yang mulia ini dan tabib-tabib dan doktor-doktor perubatan telah menunjukkan ketidakmampuan mereka untuk merawat mereka, Oleh kerana mereka telah selamat daripada penyembuhan mullah yang cerah seperti matahari di langit. Dan sebagai keajaiban membuka pintu kota Najaf di padang pasir orang-orang Arab dusun. Telah jelas kenyataan ini kepada semua, dan saya percaya sehinggakan tabib-tabib dan doktor-doktor yang berdiri di tempat terjejas dengannya daripada orang yang jatuh sakit, Jadi mereka mengekalkan kebenaran mereka kepadanya kerana penerangan mereka yang kuat untuk perkara itu dan kertas[catatan] mereka,di dalamnya, dan bahawa sebahagian daripada catatan mereka yang dibukukan menyaksikan diberkati dengan penyembuhan, Sekiranya tidak perhatikan secara ringkas kesesuaian Maqam itu untuk membuktikan seluruh cerita dan Syeikh kita Al-Hurr Al-3amali telah melakukan dengan baik dalam syairnya:

Keberkatannya dimulai dengan memperlihatkannya setiap hari, semalam dan esoknya
Dan Ketahuilah si buta dan yang sakit nakbul menjawab doa di pemakamannya

Ketiga: Al-Kaf3ami berkata di dalam Kitab Al-Bakad Al-Amin: berdoa pada malam menghidupkannya kembali dengan doa ini:

اَللَّهُمَّ اِنّي اَساَلُكَ بِالتَّجَلِي الاْعْظَمِ في هذِهِ اللَّيْلَةِ مِنَ الشَّهْرِ الْمُعَظَّمِ وَالْمُرْسَلِ الْمُكَرَّمِ اَنْ تُصَلِّيَ عَلى مُحَمَّد وَآلِهِ، وَاَنْ تَغْفِرَ لَنا ما اَنْتَ بِهِ مِنّا اَعْلَمُ، يا مَنْ يَعْلَمُ وَلا نَعْلَمُ.

Allâhumma innî as-aluka bit-jajallil a’zham fî hâdzihil laylah minasy syahril mu’azhzham wal mursalil mukarram, an tushalliya ‘alâ Muhammadin wa âlihi, wa an taghfira lanâ mâ Anta bihi minnâ a’lam, yâ May ya’lamu wa lâ na’lam.

Ya Allah, aku memohon pada-Mu dengan tajalli (penampakan)Mu yang paling agung pada malam ini di bulan yang dimuliakan ini, bulan yang Kau turunkan segala kemuliaan, sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, dan ampuni dosa-dosaku yang Engkau lebih mengetahuinya dari padaku, wahai Yang Mengetahui apa yang tidak kami ketahui.

اَللّـهُمَّ بارِكْ لَنا في لَيْلَتِنا هذِهِ الَّتي بِشَرَفِ الرِّسالَةِ فَضَّلْتَها، وَبِكَرامَتِكَ اَجْلَلْتَها، وَبِالَْمحَلِّ الشَّريفِ اَحْلَلْتَها،
Allâhumma bârik lanâ fî laylatinâ hâdzihi allatî bisyarafir risâlati fadhdhaltahâ, wa bikaramatika ajlaltahâ, wa
bimahallisy syarîfi ahlaltahâ.

Ya Allah, berkahi kami malam ini, malam yang dengan kemuliaan risalah Kau istimewakan malam ini, dengan kemuliaan-Mu Kau agungkan, dan dengan tempat yang mulia Kau tempatkan.

اَللّـهُمَّ فَاِنّا نَسْأَلُكَ بِالْمَبْعَثِ الشَّريفِ، وَالسَّيِّدِ اللَّطيفِ، وَالْعُنْصُرِ الْعَفيفِ، اَنْ تُصَلِّيَ عَلى مُحَمَّد وَآلِهِ، وَ اَنْ تَجْعَلَ اَعْمالَنا في هذِهِ اللَّيْلَةِ وَفي سايِرِ اللَّيالي مَقْبُولَةً، وَذُنُوبَنا مَغْفُورَةً، وَحَسَناتِنا مَشْكُورَةً، وَسَيِّئاتِنا مَسْتُورَةً، وَقُلُوبَنا بِحُسْنِ الْقَوْلِ مَسْرُورَةً، وَاَرْزاقَنا مِنْ لَدُنْكَ بِالْيُسْرِ مَدْرُورَةً،

Allâhumma fainnâ nas-aluka bil-mab’atsisy syarîfi, was sayyidil lathîfi, wal-‘unshuril ‘afîfi, an tushalliya ‘alâ Muhammadin wa âlihi, wa an taj’ala a’mâlanâ fî hâdzihil laylah wa fî sâiril layâlî maqbûlah, wa dzunûbî maghfûrah, wa hasanâtinâ masykûrah, wa sayyiâtinâ mastûrah, wa qulûbanâ bihusnil qawli masrûrah, wa arzâqanâ min ladunka bilyasîri madrûrah.

Ya Allah, kami memohon kepada-Mu dengan pengutusan yang mulia, penghulu yang lembut dan unsur yang suci, sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad. terimalah semua amal kami malam ini dan seluruh malam, ampuni dosa-dosa kami, ridhai kebaikan-kebaikan kami, tutupi keburukan-keburukan kami, bahagiakan hati kami dengan kebaikan ucapan kami, anugerahkan pada kami rizki dari sisi-Mu dengan kemudahan dan melimpah

اَللّـهُمَّ اِنَّكَ تَرى وَلا تُرى، وَاَنْتَ بِالْمَنْظَرِ الاَعْلى، وَاِنَّ اِلَيْكَ الرُّجْعى وَالْمُنْتَهى، وَاِنَّ لَكَ الْمَماتَ وَالَمحْيا، وَاِنَّ لَكَ الاْخِرَةَ وَالاُولى، اَللّـهُمَّ اِنّا نَعُوذُ بِكَ اَنْ نَذِلَّ وَنَخْزى، وَاَنْ نَأتِيَ ما عَنْهُ تَنْهى.

Allâhumma innaka lâ turâ, wa Anta bil-manzharil a’lâ, wa annakar ruj’â wal-muntahâ, wa inna lakal mamâta wal-mahyâ, wa inna lakal âkhirata wal-ûlâ. Allâhumma innâ na’ûdzu bika an nadzilla wa nakhzâ, wa an na’tiya mâ ‘anhu tanhâ.

Ya Allah, Engkau melihat apa yang tidak terlihat, Engkau berada di tempat yang mulia, tempat kembali dan berakhir semua makhluk-Mu, milik-Mu semua yang mati dan yang hidup, milik-Mu akhirat dan dunia. Ya Allah, kami berlindung dengan-Mu dari perbuatan yang hina dan tercela, dan perbuatan yang terlarang.

اَللّـهُمَّ اِنّا نَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ بِرَحْمَتِكَ، وَنَسْتَعيذُ بِكَ مِنَ النّارِ فَاَعِذْنا مِنْها بِقُدْرَتِكَ وَنَسْأَلُكَ مِنَ الْحُورِ الْعينِ فَارْزُقْنا بِعِزَّتِكَ،

Allâhumma innâ nas-alukal jannata birahmatika, wa nasta’îdzu bika minan nâri fa-a’idznâ minhâ biqudratika, wan as-aluka minal huril ‘în farzuqnâ bi’izzatika.

Ya Allah, kami memohon syurga kepada-Mu dengan rahmat-Mu, kami mohon perlindung dengan-Mu dari api neraka, maka lindungi kami darinya dengan kekuasaan-Mu. Kami mohon kepada-Mu pasangan bidadari di surga, maka berikan pada kami dengan kemuliaan-Mu.

وَاجْعَلْ اَوْسَعَ اَرْزاقِنا عِنْدَ كِبَرِ سِنِّنا، وَاَحْسَنَ اَعْمالِنا عِنْدَ اقْتِرابِ آجالِنا، وَاَطِلْ في طاعَتِكَ وَما يُقَرِّبُ اِلَيْكَ وَيُحْظي عِنْدَكَ وَيُزْلِفُ لَدَيْكَ اَعْمارَنا، وَاَحْسِنْ في جَميعِ اَحْوالِنا وَاُمُورِنا مَعْرِفَتَنا،
                    
Waj’al aua’a arzâqinâ ‘inda kibari sinninâ, wa ahsana a’mâlinâ ‘indaqtirâbi âjâlinâ, wa athil fî thâ’atika wa mâ yuqarribu ilayka, wa yuhzhî ‘indaka, wa yuzlifu ladayka a’mâranâ, wa ahsin fî jamî’i ahwâlinâ wa umûrinâ ma’rifatanâ.

Karuniakan pada kami pintu rizki yang paling luas pada masa tua kami, dan amal yang paling baik saat-saat ajal mendekati kami. Panjangkan umur kami dalam ketaatan pada-Mu, dan amal yang mendekatkan kami pada-Mu, yang memperoleh bagian di sisi-Mu, dan menghampiri pada hadirat-Mu. Indahkan pengenalan kami terhadap segala keadaan dan urusan kami.

وَلا تَكِلْنا اِلى اَحَد مِنْ خَلْقِكَ فَيَمُنَّ عَلَيْنا، وَتَفَضَّلْ عَلَيْنا بجَميعِ حَوائِجِنا لِلدُّنْيا وَالاْخِرَةِ، وَابْدَأ بِابائِنا وَاَبْنائِنا وَجَميعِ اِخْوانِنَا الْمُؤْمِنينَ في جَميعِ ما سَأَلْناكَ لاَِنْفُسِنا يا اَرْحَمَ الرّاحِمينَ،

Wa lâ takilnâ ilâ ahadin min khalqika fayamunna ‘alayna, wa tafadhdhal ‘alaynâ bijamî’i hawâijinâ liddun-yâ wal âkhirah, wabda’ biabâinâ wa abnâinâ wa jamî’i ikhwâninâl mu’minîna fî jamî’i mâ sa-alnâka lianfusinâ yâ Arhamar râhimîn.

Jangan biarkan kami bergantung pada pemberian hamba-Mu
Karuniakan pada kami semua kebutuhan di dunia dan akhirat
Mulailah semua semua permohonan kami ini pada bapak-bapak kami, anak-anak kami, dan saudara-saudara kami yang beriman wahai Yang Maha Pengasih dari semua yang mengasihi.

اَللَّهُمَّ اِنّا نَسْأَلُكَ بِاسْمِكَ الْعَظيمِ، وَمُلْكِكَ الْقَديمِ، اَنْ تُصَلِّيَ عَلى مُحَمَّد وَآلِ مُحَمَّد، وَاَنْ تَغْفِرَ لَنَا الذَّنْبَ الْعَظيمَ اِنَّهُ لا يَغْفِرُ الْعَظيمَ إِلاّ الْعَظيمُ.

Allâhumma innâ nas-aluka bismikal ‘azhîm, wa mulkikal qadîm, an tushalliya ‘alâ Muhammadin wa âli Muhammad, wa an taghfira lanadz dzanbzl ‘azhîm, innahu lâ yaghfirul ‘azhîma illal ‘azhîm.

Ya Allah, kami memohon pada-Mu dengan asma-Mu yang agung dan kekuasaan-Mu yang abadi, sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, dan ampuni dosa kami yang besar, sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa yang besar kecuali Yang Maha Besar.

اَللّـهُمَّ وَهذا رَجَبٌ الْمُكَرَّمُ الَّذي اَكْرَمْتَنا بِهِ، اَوَّلُ اَشْهُرِ الْحُرُمِ، اَكْرَمْتَنا بِهِ مِنْ بَيْنِ الاُمَمِ، فَلَكَ الْحَمْدُ يا ذَا الْجُودِ وَالْكَرَمِ،
                       

Allâhumma wa hâdzâ rajabul mukarram alladzî akramtanâ bihi, awwalu asyhuril hurum, akramtanâ bihi min baynil umam, falakal hamdu yâ Dzal jûdi wal-karam.

Ya Allah, bulan ini adalah bulan Rajab, bulan yang Kau muliakan. Bulan pertama dari bulan-bulan yang mulia, yang dengannya Kau muliakan kami di antara ummat-ummat terdahulu. Segala puja dan puji hanya milik-Mu wahai Yang Maha Dermawan dan Maha Mulia.

فَاَسْأَلُكَ بِهِ وَبِاسْمِكَ الاَْعْظَمِ الاَْعْظَمِ الاَْعْظَمِ الاَْجَلِّ الاَْكْرَمِ، الَّذي خَلَقْتَهُ فَاسْتَقَرَّ في ظِلِّكَ فَلا يَخْرُجُ مِنْكَ اِلى غَيْرِكَ، اَنْ تُصَلِّيَ عَلى مُحَمَّد وَاَهْلِ بَيْتِهِ الطّاهِرينَ، وَاَنْ تَجْعَلَنا مِنَ الْعامِلينَ فيهِ بِطاعَتِكَ، وَالاْمِلينَ فيهِ لِشَفاعَتِكَ،


Fa-as-aluka bihi wa bismikal a’zhamil a’zhamil a’zham al-ajallil akram, alladzî khalaqtahu fastaqarra fî zhillika falâ yakhruju minka ilâ ghayrika, an tushalliya ‘alâ Muhammadin wa ahli baytihith thâhirîn, wa an taj’alanâ minal ‘âmilîna fîhi bithâ’atika, wal-âmilîna fîhi lisyafâ’atika.

Aku memohon kepada-Mu dengan kemuliaan bulan ini dan dengan asma-Mu yang paling agung dan paling mulia. Kau ciptakan ia lalu Kau tetapkan berada dalam naungan-Mu, sehingga tidak keluar dari-Mu pada selain-Mu, sampaikan shalawat kepada Muhammad dan Ahlu baitnya yang suci; teriring dengan shalawat itu, jadikan kami di antara orang-orang yang beramal dalam ketaatan pada-Mu, dan mengharap pertolongan-Mu.


اَللّـهُمَّ اهْدِنا اِلى سَواءِ السَّبيلِ، وَاجْعَلْ مَقيلَنا عِنْدَكَ خَيْرَ مَقيل، في ظِلٍّ ظَليل، وَمُلك جَزيل، فَاِنَّكَ حَسْبُنا وَنِعْمَ الْوَكيلُ، اَللّـهُمَّ اقْلِبْنا مُفْلِحينَ مُنْجِحينَ غَيْرَ مَغْضُوب عَلَيْنا وَلا ضالّينَ، بِرَحْمَتِكَ يا اَرْحَمَ الرّاحِمينَ،

Allâhummahdinâ ilâ sawâis sabîl, waj’al maqîlanâ ‘indaka khayra maqîl, wa fî zhillin zhalîl, wa mulkin jazîl, fainnaka hasbunâ wa bi’mal wakîl. Allâhummaqlibnâ muflihîna munjihîna ghayra maghdhûbin ‘alaynâ wa lâ dhâllina, birahmatika yâ Arhamar râhimîn.

Ya Allah, bimbinglah kami pada jalan yang mulia. Ampuni kami di sisi-Mu jadikan di sisi-Mu dengan ampunan yang paling baik, Naungi kami dengan naungan yang paling teduh dan kekusaan yang paling mulia. Sesungguhnya Engkau Penolong kami dan Pelindung kami yang terbaik.
Ya Allah, rubahlah keadaan kami menjadi orang-orang yang beruntung dan selamat, bukan orang-orang yang dimurkai dan tersesat, dengan rahmat-Mu wahai Yang Paling Pengasih dari segala yang mengasihi.


اَللّـهُمَّ اِنّي اَساَلُكَ بِعَزائِمِ مَغْفِرَتِكَ، وَبِواجِبِ رَحْمَتِكَ، السَّلامَةَ مِنْ كُلِّ اِثْم، وَالْغَنيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ، وَالْفَوْزَ بِالْجَنَّةِ وَالنَّجاةَ مِنَ النّارِ،

Allâhumma innî as-aluka bi’azâimi maghfiratika, wa biwâjibi rahmatika, assalâmata min kulli itsmin, wal-ghanîmata min kulli birrin, wal-fawza biljannati wan-najâti minan nâr.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kepastian maghfirah-Mu dan curahan rahmat-Mu, keselamatan dari semua dosa dan simpanan dari semua kebaikan, keberuntungan surga dan keselamatan dari neraka.

اَللّـهُمَّ دَعاكَ الدّاعُونَ وَدَعَوْتُكَ، وَسَأَلَكَ السّائِلُونَ وَسَأَلْتُكَ وَطَلَبَ اِلَيْكَ الطّالِبُونَ وَطَلَبْتُ اِلَيْكَ، اَللّـهُمَّ اَنْتَ الثِّقَةُ وَالرَّجاءُ، وَاِلَيْكَ مُنْتَهَى الرَّغْبَةِ فِي الدُّعاءِ،
                                   
Allâhumma da’âkad dâ’ûna wa da’awtuka, wa sa-alakas sâilûna was a-altuka, wa thalabath thâlibûna wa thalabtu ilayka. Allâhumma Antats tsiqatu war rajâ’, wa ilayka muntahar raghbati fid du’â’.

Ya Allah, telah berdoa kepada-Mu orang-orang yang berdoa, dan aku berdoa kepada-Mu. Telah bermohon kepada-Mu orang-orang yang memohon, dan aku memohon kepada-Mu. Telah berharap kepada-Mu orang-orang yang berharap, dan aku berharap kepada-Mu. Ya Allah, Engkaulah kepercayaanku dan harapanku, dan Engkaulah puncak harapanku dalam doaku.

اَللّـهُمَّ فَصَلِّ عَلى مُحَمَّد وَآلِهِ، وَاجْعَلِ الْيَقينَ في قَلْبي، وَالنُّورَ في بَصَري، وَالنَّصيحَةَ في صَدْري، وَذِكْرَكَ بِاللَّيْلِ وَالنَّهارِ عَلى لِساني، وَرِزْقاً واسِعاً غَيْرَ مَمْنُون وَلا مَحْظُور فَارْزُقْني، وَبارِكْ لي فيما رَزَقْتَني، وَاجْعَلْ غِنايَ في نَفْسي، وَرَغْبَتي فيما عِنْدَكَ بِرَحْمَتِكَ يا اَرْحَمَ الرّاحِمينَ،



Allâhumma fashalli ‘alâ Muhammadin wa âlihi, waj’alil yaqîna fî qalbî, wan nûra fî basharî, wan nashîhata fî shadrî, wa dzikraka bil layli wan nahâri ‘alâ lisânî, wa rizqan wâsi’an ghayra mamnûnin wa lâ mahzhûr. Farzuqnî wa bâiklî fîmâ razaqtanî, waj’al ghinâya fî nafsî, wa raghbatî fîmâ ‘indaka birahmatika yâ Arhamar râhimîn.

Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarganya, Kuatkan keyakinanku dalam hatiku, Pancarkan cahaya pada pandangan batinku, Tanamkan nasehat dalam sanubariku, Gerakkan lisanku untuk berzikir pada-Mu siang dan malam. Bukakan bagiku pintu rizki yang luas, yang tak terputus dan tak terhalangi. Kemudian alirkan rizki-Mu padaku, dan berkahi aku dalam rizki yang Kau karuniakan padaku. Jadikan kekayaan dalam hatiku, dan harapanku pada karunia di sisi-Mu. dengan rahmat-Mu wahai Yang Maha Pengasih dari segala yang mengasihi.

Kemudian sujud dan membaca doa berikut:

اَلْحَمْدُ للهِِ الَّذي هَدانا لِمَعْرِفَتِهِ، وَخَصَّنا بِوِلايَتِهِ، وَوَفَّقَنا لِطاعَتِهِ،

Alhamdulillâhil ladzî hadzânâ lima’rifatihi, wa khushshanâ biwilâyatihi, wa waffiqnâ lithâ’atihi.

Segala puji bagi Allah yang membimbing kami pada makrifat-Nya, mengistimewakan kami dengan wilayah-Nya, membimbing kami pada ketaatan-Nya.Lalu diteruskan dengan membaca (100 kali):

شُكْراً شُكْراً
Syukran syukran.
Kemudian angkat kepada duduk kembali dari sujud, dan membaca doa berikut:

اَللّـهُمَّ اِنّي قَصَدْتُكَ بِحاجَتي، وَاعْتَمَدْتُ عَلَيْكَ بِمَسْأَلَتي، وَتَوَجَّهْتُ اِلَيْكَ بِاَئِمَّتي وَسادَتي، اَللّـهُمَّ انْفَعْنا بِحُبِّهِم، وَاَوْرِدْنا مَوْرِدَهُمْ، وَارْزُقْنا مُرافَقَتَهُمْ، وَاَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ في زُمْرَتِهِمْ، بِرَحْمَتِكَ يا اَرْحَمَ الرّاحِمينَ .


Allâhumma innî qashadtuka bihâjati, wa’tamadtu ‘alayka bimas-alatî, wa tawajjahtu ilayka bi-aimmatî wa sâdatî. Allâhummanfa’nâ bihubbihim, wa awridnâ mawridahum, warzuqnâ murâfaqatahum, wa adkhilnal jannata fi zumratihim, birahmatika yâ Arhamar râhimîn.

Ya Allah, aku datang kepada-Mu dengan keperluanku, aku sengaja menghampiri-Mu dengan permohonanku, dan aku menghadap kepada-Mu dengan para Imamku dan Junjunganku. Ya Allah, berilah manfaat pada kami dengan kecintaan pada mereka, kembalikan kami pada tempat kembali mereka, karuniakan pada kami persahabatan dengan mereka, dan masukkan kami ke surga bersama golongan mereka, dengan rahmat-Mu wahai Yang Maha Pengasih dari segala yang mengasihi. 


Al-Syed menyebut doa ini untuk hari menghidupkannya kembali.


Hari Kedua Puluh Tujuh

Ia adalah perayaan besar dari hari-hari raya di mana Nabi (S) diutus dan Jibrail turun kepada baginda (S) dengan risalah, dan sebahagian dari amalan yang diriwayatkan yang disunnahkan:
      
Pertama: Mandi

Kedua: berpuasa, dan ini adalah salah satu dari empat hari yang dikhaskan berpuasa antara hari-hari dalam setahun dan ganjaran sesuai berpuasa pada hari ini adalah seumpama berpuasa tujuh puluh tahun.

Ketiga: Memperbanyak selawat ke atas Muhammad dan keluarga Muhammad.

Keempat: Ziyarah Nabi dan Ziyarah Amirul Mukminin (atas keduanya dan ke atas keluarga keduanya salam).

Kelima: Telah berkata Al-Syeikh dalam Al-Mishbah: Diriwayatkan oleh Al-Raiyan Bin Shalt, katanya: Al-Jawad (as) berpuasa ketika beliau berada di Baghdad pada Nishfu Rajab dan pada hari kedua puluh tujuh daripadanya dan berpuasa semua pembantunya, dan menyuruh kita supaya bersholat doa dengan sholat dua belas rakaat, membaca dalam setiap rakaat Al-Hamd dan Surah, Apabila selesai sholat bacalah Al-Hamd empat kali dan (Qul Huwa Allahu Ahad) empat kali dan Al-Mu3auwazatain (Surah Al-Falaq, Al-Nas) empat kali:  Dan ucapkan yang berikut empat kali:

لا اِلـهَ إِلاّ اللهُ واللهُ اَكْبَرُ، وَسُبْحانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظيم،
Dan ucapkan yang berikut empat kali
اللهُ اللهُ رَبِّي لا اُشْرِكُ بِهِ شَيْئاً، وأربعاً : لا اُشْرِكُ بِرَبِّي اَحَداً .


Keenam: Diriwayatkan juga oleh Al-Syeikh dari Abu Al-Qasim Hussein bin Roh (semoga Allah merahmati beliau) berkata: sholat dua belas rakaat pada hari ini dengan membaca dalam setiap rakaat Fatehah Al-Kitab dan Surah mudah, dan membaca Tasyahhud, beri salam dan duduk dan membaca antara setiap dua rakaat:


اَلْحَمْدُ للهِ الَّذي لَمْ يَتَّخِذْ وَلَداً، وَلَمْ يَكُنْ لَهُ شَريكٌ في الْمُلْكِ، وَلَمْ يَكُنْ لَهُ وَلِيٌّ مِنَ الذُّلِّ وَكَبِّرْهُ تَكْبيراً، يا عُدَّتي في مُدَّتي، يا صاحِبي في شِدَّتي، يا وَليّي في نِعْمَتي، يا غِياثي في رَغْبَتي، يا نَجاحي في حاجَتي، يا حافِظي في غَيْبَتي، يا كافيَّ في وَحْدَتي، يا اُنْسي في وَحْشَتي، اَنْتَ السّاتِرُ عَوْرَتي فَلَكَ الْحَمْدُ، واَنْتَ الْمُقيلُ عَثْرَتي فَلَكَ الْحَمْدُ، وَاَنْتَ الْمُنْعِشُ صَرْعَتي فَلَكَ الْحَمْدُ، صَلِّ عَلى مُحَمَّد وَآلِ مُحَمَّد وَاسْتُرْ عَوْرَتي، وَآمِنْ رَوْعَتي، وَاَقِلْني عَثْرَتي، وَاصْفَحْ عَنْ جُرْمي، وَتَجاوَزْ عَنْ سَيِّئاتي في اَصْحابِ الْجَنَّةِ وَعْدَ الصِّدْقِ الَّذي كانُوا يُوَعَدُونَ .

Apabila selesai sholat dan berdoa bacalah Al-Hamdu dan Surah Al-Ikhlas dan Al-Mu3auwazatain (Surah Al-Falaq, Al-Nas) dan (Qul Ya Aiyuha Al-Kafirun) dan (Inna Anzalna) dan Ayat Al-Kursiy tujuh kali. Kemudian ucapkan

لا اِلـهَ إلاَّ اللهُ واللهُ اَكْبَرُ وَسُبْحانَ اللهِ وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاّ بِاللهِ سبع مرّات، ثمّ تقول سبع مرّات : اللهُ اللهُ رَبِّي لا اُشْرِكُ بِهِ شَيْئاً،

Kemudian berdoa dengan apa yang disukai.

Ketujuh: Dalam Al-Iqbal dan pada sebahagian naskah Al-Mishbah, mustahab untuk membaca doa berikut:

يا مَنْ اَمَرَ بِالْعَفْوِ وَالتَّجاوُزِ، وَضَمَّنَ نَفْسَهُ الْعَفْوَ وَالتَّجاوُزَ، يا مَنْ عَفا وَتَجاوَزَ، اُعْفُ عَنّي وَتَجاوَزْ يا كَريمُ اَللّـهُمَّ وَقَدْ اَكْدَى الطَّلَبُ، وَاَعْيَتِ الْحيلَةُ وَالْمَذْهَبُ، وَدَرَسَتِ الاْمالُ، وَانْقَطَعَ الرَّجاءُ اِلاّ مِنْكَ وَحْدَكَ لا شَريكَ لَكَ، اَللّـهُمَّ اِنّي اَجِدُ سُبُلَ الْمَطالِبِ اِلَيْكَ مُشْرَعَةً، وَمناهِلَ الرَّجاءِ لَدَيْكَ مُتْرَعَةً، واَبْوابَ الدُّعاءِ لِمَنْ دَعاكَ مُفتَّحَةً، وَالاِسْتِعانَةَ لِمَنِ اسْتَعانَ بِكَ مُباحَةً، وَاَعْلَمُ اَنَّكَ لِداعيكَ بِمَوْضِعِ اِجابَة، وَللصّارِخِ اِلَيْكَ بِمَرْصَدِ اِغاثَة، وَاَنَّ فِي اللَّهْفِ اِلى جُودِكَ وَالظَّمانِ بِعِدَتِكَ عِوَضاً مِنْ مَنْعِ الْباخِلينَ، وَمَنْدُوحَةً عَمّا في اَيْدِى الْمُسْتَأثِرينَ، وَاَنَّكَ لا تَحْتَجِبُ عَنْ خَلْقِكَ إِلاّ اَنْ تَحْجُبُهُمُ الاَْعْمالُ دُونَكَ، وَقَدْ عَلِمْتُ اَنَّ اَفْضَلَ زادِ الرّاحِلِ اِلَيْكَ عَزْمُ اِرادَة يَخْتارُكَ بِها، وَقَدْ ناجاكَ بِعَزْمِ الاِرادَةِ قَلْبي، وَاَساَلُكَ بِكُلِّ دَعْوَة دَعاكَ بِها راج بَلَّغْتَهُ اَمَلَهُ، اَوْ صارِخ اِلَيْكَ اَغَثْتَ صَرْخَتَهُ، اَوْ مَلْهُوف مَكْرُوب فَرَّجْتَ كَرْبَهُ، اَوْ مُذْنِب خاطِئ غَفَرْتَ لَهُ اَوْ مُعافىً اَتْمَمْتَ نِعْمَتَكَ عَلَيْهِ، اَوْ فَقير اَهْدَيْتَ غِناكَ اِلَيْهِ، وَلِتِلْكَ الَّدعْوَةِ عَلَيْكَ حَقٌّ وَعِنْدَكَ مَنْزِلَةٌ، إِلاّ صَلَّيْتَ عَلى مُحَمَّد وَآلِ مُحَمَّد، وَقَضَيْتَ حَوائِجي حَوائِجَ الدُّنْيا وَالاْخِرَةِ، وَهـذا رَجَبٌ الْمُرَجَّبُ الْمُكَرَّمُ الَّذي اَكْرَمْتَنا بِهِ اَوَّلُ اَشْهُرِ الْحُرُمِ، اَكْرَمْتَنا بِهِ مِنْ بَيْنِ الاُمَمِ، يا ذَا الْجُودِ وَالْكَرَمِ، فَنَسْأَلُكَ بِهِ وَبِاسْمِكَ الاَعْظَمِ الاَعْظَمِ الاَعْظَمِ الاَجَلِّ الاَكْرَمِ، الَّذي َخَلَقْتَهُ فَاسْتَقَرَّ في ظِلِّكَ فَلا يَخْرُجُ مِنْكَ اِلى غَيْرِكَ، اَنْ تُصَلِّيَ عَلى مُحَمَّد وَاَهْلِ بَيْتِهِ الطّاهِرينَ، وَتَجْعَلَنا مِنَ الْعامِلينَ فيهِ بِطاعَتِكَ، وَالاْمِلينَ فيهِ بِشَفاعَتِكَ، اَللّـهُمَّ وَاهْدِنا اِلى سَواءِ السِّبيلِ، وَاجْعَلْ مَقيلَنا عِنْدَكَ خَيْرَ مَقيل، في ظِلٍّ ظَليل، فَاِنَّكَ حَسْبُنا وَنِعْمَ الوَكيلُ، وَالسَّلامُ عَلى عِبادِهِ المُصْطَفِيْنَ، وَصَلَواتُهُ عَلَيْهِمْ اَجْمَعينَ، اَللّـهُمَّ وَبارِكَ لَنا في يَوْمِنا هَذَا الَّذي فَضَّلْتَهُ، وَبِكَرامَتِكَ جَلَّلْتَهُ، وَبِالْمَنْزِلِ الْعظيمِ الاَْعْلى اَنْزَلْتَهُ، صَلِّ عَلى مَنْ فيهِ اِلى عِبادِكَ اَرْسَلْتَهُ، وَبالَْمحَلِّ الْكَريمِ اَحْلَلْتَهُ، اَللّـهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ صَلاةً دائِمَةً تَكُونُ لَكَ شُكْراً وَلنا ذُخراً، وَاجْعَلْ لَنا مِنْ اَمْرِنا يُسراً، وَاخْتِمْ لَنا بِالسَّعادَةِ اِلى مُنْتَهى آجالِنا، وَقَدْ قَبِلْتَ الْيسيرَ مِنْ اَعْمالِنا، وَبَلَّغْتَنا بِرَحْمَتِكَ اَفْضَلَ آمالِنا، اِنَّكَ عَلى كُلِّ شَيء قَديرٌ، وَصَلَّى اللهُ عَلى مُحَمَّد وَآلِهِ وَسَلَّم .
.

Aku katakan: ini adalah doa Imam Musa bin Jafar (as), dan dia telah berdoa pada hari dia pergi ke Baghdad, hari kedua puluh tujuh Rajab, doa bekalan dari doa-doa Rajab.

Kelapan: Disebut di dalam Kitan Al-Iqbal Katakanlah:

اَللّـهُمَّ اِنِّي اَساَلُكَ بِالنَّجْلِ الاَعْظَمِ،

Doa ini telah diambil dari riwayat Al-Kaf3ami pada doa-doa malam kedua puluh tujuh.

Hari terakhir bulan ini

Dikatakan mandi dan berpuasa padanya akan diampunkan segala dosa yang dilakukan sebelum dan apa yang sesudahnya, dan doakan doa Salman, yang diluluskan pada hari pertama.


             

✡✡✡✡✡
                                                     





Tiada ulasan: