Khamis, 7 November 2013

Poin poin Penting 313 Ppengikut Khusus Imam Mahdi as

Poin poin Penting 313 Ppengikut Khusus Imam Mahdi as


Kita akan menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan 313 pengikut khusus imam Mahdi as yang kami bingkai dalam dua poin penting:

1 .kemutawatiran hadis tentang 313 orang pengikut imam.
Di berbagai tempat telah diketahui dan telah tertulis di dalam beberapa kitab yang berhubungan dengan imam Mahdi as yang ketika munculnya imam akan datang  313 orang pengikut khusus beliau dan laksana gunung, mereka kokoh dalam menghadapi berbagai peristiwa, mereka selalu bersama dengan imam as dan hadis tentang 313 orang ini datang dalam kitab yang sudah makruf dan terkenal seperti dalam kitab Biharul Anwar, Itsbatul hudah dan kitab muntakhabul atsar.

ciri-ciri khusus pengikut setia 313 orang menurut kaca mata riwayat.

a). imam Mahdi as sedang menanti mereka:
Ketika imam Mahdi as muncul, dan sebelum berada di samping  Ka'bah dan bersandar di dindingnya dan sebelum beliau meneriakkan  suara beliau yang menyejukkan hati kepada seluruh umat penjuru dunia, beliau berhenti di sebuah tempat yang bernama Dzi Tuwa untuk menunggu 313 oarang pengikut khusus beliau sampai mereka datang dan bergabung dengan beliau dan dari sana mereka bersama imam pergi ke samping Ka'bah.

b). 313 orang berasal dari seluruh penjuru dunia
Imam Baqir as bersabda:"Allah SWT mengumpulkan untuk imam Mahdi as para pejuang dari berbabgai bangsa yang jauh dengan jumlah pejuang perang Badar 313 orang".

c). 313 orang  adalah  yang pertama kali membaiat imam Mahdi as.
Ketika imam Mahdi as muncul orang yang pertama kali berbaiat  kepada imam Mahdi as setelah Jibri as adalah 313 orang inilah dan kajian ini datang dalam hadis.

Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa pada awal kemunculannya imam memiliki 313 orang sahabat, dan tak selang lama setelah pembaitan 313 orang tersebut, dengan cepat pengikut imam Mahdi as akan bertambah.sehingga pada awal kebangkitan, beliau sudah memiliki pengikut sebanyak 10.000 arang.

d). 313 orang adalah para pejuang yang gagah berani
Imam Sajjad as bersabda:"313 orang sangat itsar dan pemberani di mana para musuh Qaim as berkumpul untuk membunuh imam, tapi 313 orang gagah berani ini dengan penuh heroik melawan dan menghalau para musuh dari hadapan beliau".

e). 313 orang pemegang panji dan pemimpin di atas muka bumi
Imam Shadiq as bersabda:
"seakan-akan aku melihat Qaim berdiri di atas podium di Kufah, di mana para ajudannya 313 orang yang jumlahnya sama dengan pejuang perang Badar mengitari beliau, para pengikut imam ini adalah para pemegang panji dan pemimpin atas masyarakat di muka bumi dengan izin dan perintah tuhan".

f). 313 orang adalah segelintir orang namun laksana sekumpulan awan yang bergumul

Di dalam al-Quran kita membaca - di manapun anda berada Allah selalu hadir di sana - dalam tafsiran ayat ini Imam Baqir as bersabda:" yang dimaksud dengan ayat ini adalah para pengikut imam Mahdi as yang jumlahnya 313 orang, demi Allah maksud dari ummat yang (ada dalam surat Hud) adalah mereka. Dan demi Allah dalam satu jam mereka akan terkumpul begitu juga sekumpulan awan di musim gugur akan berkumpul karena tiupan angin.

g). 313 orang rukun-rukun dan dasar-dasar yang tak bias terpisahkan
Imam Shodiq dalam menafsirkan ayat 70 dari surat   Hud, nabi Luth kepada kaumnya yang berpaling berkata:

«لو أن ّ لى بكم قوّة او آوى الى ركن شديد»

Maksud dari kekuatan yang tersebut dalam ayat ini adalah imam Mahdi as, sedang maksud dari rukun / sendi (pembela yang kokoh) adalah  313 orang pengikut beliau.

h). Imam Bagir as bersabda:

"Imam Mahdi as memiliki 313 orang pengikut yang mana mereka adalah termasuk orang ajam, sebagian dari mereka manaiki awan dan berjalan dan mereka terkenal dengan nama ayah, sifat dan nasabnya".

i). tangan Allah berada di atas  kepala imam Mahdi as dan para pengikutnya.
Poin ini kita ambil dari ayat

«ان تنصروالله ينصركم و يثبّت اقدامكم»  

j).  50 orang dari 313 pengikut imam Mahdi as adalah perempuan.
Imam Baqir bersabda:" aku bersumpah demi Allah 300 orang diantara mereka laki-laki, 50 orang perempuan, kedatangan mereka seperti awan dimusim gugur".


Tiada ulasan: