Dipost
oleh: Ansary Razi
May
7 at 9:42am
TERDAPAT
TIGA RATUS AYAT AL-QURAN YANG TURUN BERKENAAN DENGAN KEUTAMAAN DAN KETINGGIAN
PRIBADI IMAM ALI
--------
--------
Imam
Ali dalam Kaca-mata Al-Quran
Banyak
sekali buku literatur Islam yang menegaskan bahwa terdapat tiga ratus ayat
Al-Quran yang turun berkenaan dengan keutamaan dan ketinggian pribadi Imam Ali
a.s. Perlu ditegaskan di sini bahwa jumlah ayat yang sangat banyak seperti itu
tidak pernah turun berkenaan dengan seorang tokoh Islam mana pun [setelah Nabi
Muhammad Saw]
Syiah
berpendapat, tidak sedikit ayat-ayat Al-Quran yang menegaskan keutamaan Amirul
Mukminin Ali a.s. dan memperkenalkannya sebagai pribadi islami yang tinggi dan
mulia setelah Rasulullah Saw. Ini menunjukkan bahwa ia mendapat perhatian yang
tinggi disisi Allah Swt. Banyak sekali buku literatur Islam yang menegaskan
bahwa terdapat tiga ratus ayat Al-Quran yang turun berkenaan dengan keutamaan
dan ketinggian pribadi Imam Ali a.s.[16] Perlu ditegaskan di sini bahwa jumlah
ayat yang sangat banyak seperti itu tidak pernah turun berkenaan dengan seorang
tokoh Islam mana pun. Ayat-ayat tersebut dapat dikelompokkan dalam beberapa
kateg ori berikut ini:
1.
Kategori pertama: ayat yang turun khusus berkenaan dengan Imam Ali secara
pribadi.
2.
Kategori kedua: ayat yang turun berkenaan dengan Imam Ali a.s. dan keluarganya.
3.
Kategori ketiga: ayat yang turun berkenaan dengan Imam Ali dan para sahabat
pilihan Rasulullah Saw.
4.
Kategori keempat: ayat yang turun berkenaan dengan Imam Ali a.s. dan mengecam
orang-orang yang memusuhinya.
Berikut
ini adalah sebagian dari ayat-ayat ter-sebut.
Kategori
Ayat Pertama Ayat-ayat yang turun menjelaskan keutamaan, ketinggian, dan
keagungan pribadi Imam Ali a.s. adalah sebagai berikut:
1.
Allah Swt. berfirman: “Sesungguhnya engkau hanyalah seorang pemberi peringatan.
Dan bagi setiap kaum ada orang yang memberi petunjuk.” (QS. Al-Ra‘d [13]: 7)
Ath-Thabarî
meriwayatkan sebuah hadis dengan sanad dari Ibn Abbâs. Ibn Abbâs berkata:
“Ketika ayat ini turun, Nabi Saw. meletakkan tangannya di atas dadanya seraya
bersabda, ‘Aku adalah pemberi peringatan. Dan bagi setiap kaum ada orang yang
memberi petunjuk.’ Lalu dia memegang pundak Ali a.s. sembari bersabda, ‘Engkau
adalah pemberi petunjuk itu. Dengan perantara tanganmu, banyak orang yang akan
mendapat petunjuk setelahku nanti.’”[17]
2.
Allah Swt. berfirman: “… dan (peringatan itu) diperhatikan oleh telinga yang
mendengar.” (QS. Al-Hâqqah [69]: 12)
Dalam
menafsirkan ayat tersebut, Imam Ali a.s. berkata: “Rasulullah Saw. berkata
kepadaku, ‘Hai Ali, aku memohon kepada Tuhanku agar menjadikan telingamu yang
menerima peringatan.’ Lantaran itu, aku tidak pernah lupa apa saja yang pernah
kudengar dari Ras ulullah Saw.”[18]
3.
Allah Swt. berfirman: “Orang-orang yang menginfakkan hartanya pada malam dan
siang hari, baik secara sembunyi- sembunyi maupun terang-terangan, mereka
mendapat pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada rasa takut bagi mereka dan
mereka tidak pula bersedih hati.” (QS. Al- Baqarah [2]: 274)
Pada
saat itu, Imam Ali a.s. hanya memiliki empat dirham. Satu dirham ia infakkan di
malam hari, satu dirham ia infakkan di siang hari, satu dirham ia infakkan
secara rahasia, dan satu dirham sisanya ia infakkan secara terang-terangan.
Rasulullah Saw. bertanya kepadanya: “Apakah yang menyebabkan kamu berbuat
demikian?” Ali a.s. menjawab: “Aku ingin memperoleh apa yang dijanjikan Allah
kepadaku.” Kemudian, ayat tersebut turun.[19]
4.
Allah Swt. berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berbuat
kebajikan, mereka itu adalah sebaik-sebaik makhluk.” (QS. Al-Bayyinah [98]: 7)
Ibn
‘Asâkir meriwayatkan sebuah hadis dengan sanad dari Jâbir ibn Abdillah. Jâbir
ibn Abdillah berkata: “Ketika kami bersama Nabi Saw., tiba-tiba Ali a.s.
datang. Seketika itu, Rasulullah Saw. bersabda, ‘Demi Zat yang jiwaku berada di
tangan-Nya, sesungguhnya Ali a.s. dan Syiah (para pengikut)-nya adalah
orang-orang yang beruntung pada Hari Kiamat.’ Kemudian, turunlah ayat itu.
Sejak saat itu, setiap kali Ali a.s. datang, para sahabat Nabi Saw. mengatakan:
‘Telah datang sebaik-baik makhluk.’”[20]
5.
Allah Swt. berfirman: “… maka bertanyalah kepada orang-orang yang mempunyai
pengetahuan (Ahl Adz- Dzikr) jika kamu tidak mengetahui.” (QS. Al- Nahl [16]:
43)
Ath-Thabarî
meriwayatkan sebuah hadis dengan sanad dari Jâbir Al-Ju‘fî. Jâbir Al-Ju‘fî
berkata: “Ketika ayat ini turun, Ali a.s. berkata: ‘Kami adalah Ahl
Adz-Dzikr.’”[21]
6.
Allah Swt. berfirman: “Wahai Rasul, sampaikanlah apa yang telah diturunkan
kepadamu dari Tuhan-mu. Jika hal itu tidak engkau lakukan, maka berarti engkau
tidak menyampaikan risalahmu. Se- sungguhnya Allah menjagamu dari kejahatan
manusia.” (QS. Al-Mâ’idah [5]: 67)
Ayat
ini turun kepada Nabi Saw. ketika sampai di Ghadir Khum dalam perjalanan pulang
dari haji Wadâ’. Nabi Saw. diperintahkan oleh Allah untuk menga ngkat Ali a.s.
sebagai khalifah sepeninggalnya. Beliau melaksanakan perintah tersebut. Beliau
melantik Ali a.s. sebagai khalifah dan pemimpin bagi umat sepeninggalnya. Di
hadapan khalayak banyak, Nabi Saw. mengumandangkan sabdanya yang masyhur,
“Barang siapa yang aku adalah pemimpinnya, maka Ali a.s. adalah pemimpinnya. Ya
Allah, cintailah orang yang mencintainya, musuhilah orang yang memusuhinya,
belalah orang yang membelanya, dan hinak anlah orang yang menghinakannya.”
Setelah itu, Umar bangkit dan berkata kepada Ali a.s.: “Selamat, hai Putra Abu
Thalib, engkau telah menjadi pemimpinku dan pemimpin setiap mukmin dan
mukminah.”[22]
7.
Allah Swt. berfirman: “Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu dan telah Aku
lengkapi nikmat-Ku atasmu dan Aku pun rela Islam sebagai agamamu.” (QS. Al-
Mâ’idah [5]: 3)
Ayat
yang mulia ini turun pada tanggal 18 Dzul- hijjah setelah Nabi Saw. mengangkat
Ali a.s. sebagai khal ifah sepeninggalnya.[23] Setelah ayat tersebut turun,
Nabi Saw. bersabda, “Allah Mahabesar lantaran pe- nyempurnaan agama,
pelengkapan nikmat, dan keridhaan Tuhan dengan risalahku dan wilâyah Ali ibn
Abu Thalib a.s.”[24]
8.
Allah Swt. berfirman: “Sesungguhnya pemimpinmu hanyalah Allah, Rasul-Nya, dan
orang-orang yang beriman yang mendirikan shalat dan mengeluarkan zakat, seraya
tunduk kepada Allah.” (QS. Al- Mâ’idah [5]: 55) Seorang sahabat Nabi terkemuka,
Abu Dzar berkata: “Aku mengerjakan shalat Zuhur bersama Rasu- lullah Saw.
Tiba-tiba datang seorang pengemis ke masjid, dan tak seorang pun yang
memberikan sedekah kepadanya. Pengemis tersebut mengangkat kedua tangannya ke
langit seraya berdoa: ‘Ya Allah, saksikanlah bahwa aku meminta di masjid Rasul
Saw., tetapi tak seorang pun yang memberikan sesuatu kepadaku.’ Pada saat itu,
Ali a.s. sedang mengerjakan rukuk. Kemudian, dia memberikan isyarat kepadanya
dengan kelingking kanan yang sedang memakai cincin. Pengemis itu datang
menghampirinya dan segera mengambil cincin tersebut di hadapan Nabi Saw. Lalu
Nabi Saw. berdoa: ‘Ya Allah, sesungguhnya saudaraku, Musa a.s. memohon kepadamu
sembari berkata: ‘Wahai Tuhanku, lapangkanlah untukku hatiku, mudahkan lah
urusanku, dan bukalah ikatan lisanku agar me reka dapat memfahami ucapanku. Dan
jadikanlah untukku seorang wazîr dari keluargaku; yaitu saudaraku, Harun.
Kukuhkanlah aku dengannya dan sertakanlah dia dalam urusanku.’” (QS. Thâ’ Hâ’
[20]: 25- 32) “Ketika itu engkau turunkan ayat: ‘Kami akan kukuhkan kekuatanmu
dengan saudaramu dan Kami jadikan engkau berdua sebagai pemimpin,’ (QS. Al- Qas
hash [28]: 35).
‘Ya
Allah, aku ini adalah Muhammad Nabi dan pilihan-Mu. Maka lapangkanlah hatiku,
mudahkanlah urusanku, dan jadikanlah unt ukku seorang wazîr dari keluargaku,
yaitu Ali. Dan kukuhkanlah punggungku dengannya.’” Abu Dzar melanjutkan: “Demi
Allah, Jibril turun kepadanya sebelum sempat menyelesaikan doanya itu. Jibril
berkata, ‘Hai Muhammad, bacalah: Sesungguhnya walimu adalah Allah, Rasul- Nya
dan ….’”[25] Seorang penyair tersohor, Hassân ibn Tsâbit, telah menyusun sebuah
bait syair sehubungan dengan turunnya ayat tersebut. Ia berkata:
“Siapakah
gerangan yang ketika rukuk menyedekahkan cincin, sementara ia merahasiakannya
untuk dirinya sendiri.”[26]
Arti
kata “wali”
Kata-kata
Wali, Wilayat, Wala, Maula, dan Awla, berasal dari akar kata yang sama, yaitu
Wala. Kata ini sangat banyak digunakan oleh Al-Quran; 124 dengan kata benda,
dan sekitar 112 tempat dipakai dalam ben- tuk kata kerja. Sebagaimana yang
termuat dalam kitab Mufradat Al-Quran, karya Ragib Isfahani, dan kitab Maqâyis
Al-Lughah karya Ibn Fars, arti asli dari kata ini adalah kedekatan dua benda,
yang seakan-akan tak berjarak sama sekali. Maksudnya jika dua benda sudah
sangat berdekatan, sangatlah mustahil jika dibayangkan ada benda ketiga. Ketika
kita katakan Waliya Zaid Amr, maka itu berarti Zaid dekat di sisi Amr. Kata ini
juga bermakna teman, penolong, dan penanggung jawab. Dengan kata lain, pada
semua arti tadi terdapat semacam kedekatan, hubungan, atau interaksi. Dan untuk
menentukan arti yang dimaksud, dibutuhkan tanda-tanda dan kecermatan untuk
memahami konteks kalimatnya. Dengan memperhatikan poin-poin yang kita sebutkan
tadi, kita dapat memfahami bahwa maksud dari ayat di atas adalah bahwa Allah,
Rasulullah, dan Ali a.s. sajalah—perhatikan kata innama yang berarti
“hanyalah”—yang memiliki kedekatan istimewa dengan kaum Muslim. Telah jelas
arti dekat di sini berkonotasi spiritual/ metafi sik bukan material. Konsekuensi
kedekatan ini adalah wali (pemimpin) dapat mengganti semua hal yang dapat
digantikan dari maula ‘alaih (yang dipimpin). Dengan pengertian semacam ini
wilayah diartikan penanggung jawab dan pemilik upaya (ikhtiar).[27]
Dari
satu sisi telah jelas bahwa Tuhan adalah wali sel uruh hamba dalam urusan
duniawi dan akhirat me- reka. Dan Dia adalah wali kaum mukmin dalam urusan
agama dan pencapaian kebahagiaan dan kesempurnaan mereka. Rasul dengan izin
Tuhan merupakan wali bagi kaum mukmin. Sejalan dengan itu, wilayah Imam Ali
a.s. yang dijelaskan dalam ayat ini juga bermaksud sama seperti arti di atas,
yang konsekuensinya beliau mampu dan berhak mengelola masalah dan urusan kaum
Muslim, dan beliau mendapatkan prioritas dalam jiwa, harta, kehormatan, dan
agama.[28]
Ayat
ini menempatkan wilâyah “kepemimpinan” universal (Al-Wilâyah Al-‘Âmmah) hanya
untuk Allah Swt., Rasul- Nya yang mulia, dan Imam Ali a.s. Ayat ini menggunakan
bentuk jamak dalam rangka meng agungkan kemuliaan Imam Ali a.s. dan menghormati
kedudukannya. Di samping itu, ayat ini berbentuk ka- limat afi rmatif dan
menggunakan kata pembatas (hashr) ‘innamâ’ (yang berarti hanya). Dengan demi
kian, ayat ini telah mengukuhkan wilâyah tersebut untuk Imam Ali a.s. Sedangkan
jika wali diartikan se bagai teman, akan muncul konsekuensi pelarangan pers ahabatan
dan pertemanan dengan selain Allah, Ras ul, dan Ali a.s. bagi kaum Muslim.
Padahal, kenyataannya kaum Muslim dianjurkan untuk menjalin persahabatan dengan
yang lain.
Kategori
Ayat Kedua
Al-Quran
Al-Karim dihiasi dengan banyak ayat yang turun berkenaan dengan Ahlul Bait a.s.
Ayat-ayat ini secara otomatis juga ditujukan kepada junjungan mereka, Amirul
Mukminin Ali a.s. Berikut ini sebagian dari ayat-ayat tersebut: Allah Swt.
berfirman: “Katakanlah, ‘Aku tidak meminta kepadamu upah apa pun atas dakwahku
itu selain mencintai Al-Qurbâ. Dan barang siapa mengerjakan kebajikan akan Kami
tambahkan kepadanya kebajikan itu. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha
Mensyukuri.’” (QS. Al-Syûrâ [42]: 23) Mayoritas ahli tafsir dan perawi hadis
berpendapat bahwa maksud dari “Al-Qurbâ” yang telah diwajibkan oleh Allah Swt.
kepada segenap hambaNya untuk mencintai mereka adalah Ali, Fathimah, Hasan, dan
Husain a.s. Sedangkan maksud dari “iqtirâf al-hasa- nah” (mengerjakan kebaikan)
dalam ayat ini ialah mencintai dan menjadikan mereka sebagai pemimpin. Berikut
ini beberapa riwayat yang menegaskan hal ini. Dalam sebuah riwayat, Ibn Abbâs
berkata: “Ketika ayat ini turun, para sahabat bertanya: ‘Ya Rasulullah,
siapakah sanak kerabatmu yang kami telah diwajibkan untuk mencintai mereka?’
Rasulullah Saw. menjawab, ‘Mereka adalah Ali, Fathimah, dan kedua
putranya.’”[29]
Dalam
sebuah hadis, Jâbir ibn Abdillah berkata: “Seorang Arab Badui pernah datang
menjumpai Nabi Saw. seraya berkata: ‘Jelaskan kepadaku tentang Islam.’ Rasulullah
Saw. menjawab, ‘Islam adalah engkau bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah
Yang Esa yang tidak ada sekutu bagi-Nya dan Muhammad itu adalah hamba dan
Rasul- Nya.’ Arab Badui itu segera men impali, ‘Apakah engkau meminta upah
dariku?’ Rasul menjawab, “Tidak, selain mencintai Al- Qurbâ’.
Orang
Arab Badui itu bertanya lagi, ‘Keluargaku ataukah keluargamu?’ Nabi Saw.
menjawab: ‘Tentu keluargaku.’ Kemudian, orang Arab Badui itu berkata lagi:
“Jika begitu, aku membaiatmu: barang siapa yang tidak mencintaimu dan tidak
juga mencintai keluargamu, maka Allah akan mengutuknya.’ Nabi segera menimpali:
‘Amîn.’”[30]
Allah
Swt. berfirman: “Barang siapa menghujatmu tentang hal itu setelah jelas datang
kepa danya pengetahuan, maka katakanlah, ‘Mari kami panggil putra-putra kami
dan putra-putra kamu, putri-putri kami dan putri-putri kamu, dan diri kami dan
diri kamu, kemudian kita bermubâhalah agar kita jadi- kan kutukan Allah
ditimpakan kepada orang-orang yang dusta.’” (QS. Âli ‘Imrân [3]: 61) Para ahli
tafsir dan perawi hadis sepakat bahwa ayat yang mulia ini turun berkenaan
dengan Ahlu Bait Nabi Saw. Ayat tersebut menggunakan kata abnâ’ (anak-anak)
yang maksudnya adalah Hasan dan Husain a.s.; kedua cucu Nabi yang dirahmati dan
kedua imam pemberi hidayah. Dan maksud kata an- nisâ’ (wanita), yaitu Sayidah
Az-Zahrâ’ a.s., penghulu seluruh wanita dunia dan akhirat. Adapun pemuka dan
junjungan Ahlul Bait, Amirul Mukminin Ali ibn Abu Thalib a.s., diungkapkan
dengan kata anfusanâ (diri-diri kami).[31]
Allah
Swt. berfirman: “Bukankah telah datang atas manusia satu waktu dari masa, sedang
dia ketika itu belum menjadi sesuatu yang dapat disebut ….” (QS. Al-Dahr [76]:
1) Mayoritas ahli tafsir dan para perawi hadis ber- pendapat bahwa surat ini
diturunkan untuk Ahlu Bait Nabi Saw.32 Allah Swt. berfirman: “Sesungguhnya Allah
hanya lah bermaksud menghilangkan segala noda dari kalian, hai Ahlul Bait, dan
membersihkan kalian sesuci-sucinya.” (QS. Al-Ahzâb [33]: 33) Para ahli tafsir
dan perawi hadis sepakat bahwa ayat yang penuh berkah ini turun berkenaan
dengan lima orang ahlul-Kisâ’.33 Mereka adalah Rasulullah Saw.; Ali a.s.;
Sayyidah Fathimah, buah hatinya yang suci dan penghulu para wanita di dunia dan
akhirat yang Allah ridha dengan keridhaannya dan murka dengan kemurkaannya; dan
Hasan dan Husain a.s., ke- dua permata hatinya dan penghulu para pemuda ahli
surga. Tak seorang pun dari keluarga Rasulullah Saw. yang lain dan tidak pula
para pemuka sahabatnya yang ikut serta dalam keutamaan ini. Hal ini dikuatkan
oleh beberapa hadis berikut ini: Pertama, Ummul Mukminin Ummu Salamah berkata:
“Ayat ini turun di rumahku. Pada saat itu ada Fathim ah, Hasan, Husain, dan Ali
a.s. di rumahku.
Kemudian,
Rasulullah Saw. menutupi mereka dengan kisâ’ (kain panjang dan lebar), seraya
berdoa: ‘Ya Allah, mereka adalah Ahlu Baitku. Hilangkanlah dari mer eka segala
noda dan sucikanlah mereka sesuci- sucinya.’” Ia mengulang-ulang doa tersebut
dan Ummu Salamah mendengar dan melihatnya. Lantas dia berkata: “Apakah aku
masuk bersama Anda, ya Rasulullah?” Lalu dia mengangkat kisâ’ tersebut untuk
aku masuk bersama mereka. Tetapi, beliau kembali menarik kisâ’ itu sembari
bersabda, “Sesungguhnya eng- kau berada dalam kebaikan.”[34] Kedua, dalam
sebuah riwayat Ibn Abbâs berkata: “Aku menyaksikan Rasulullah Saw. setiap hari
mendatangi pintu rumah Ali ibn Abu Thalib a.s. setiap kali masuk waktu shalat
selama tujuh bulan berturut-turut. Dia mendatangi pintu rumah itu sebanyak lima
kali dalam sehari sembari berkata: ‘Assalamu‘alaikum Warahmatullah Wabarakatuh,
hai Ahlul Bait! Sesungguhnya Allah hanyalah bermaksud menghilangkan segala
kotoran dari kamu, hai Ahlul Bait, dan membersihkan kamu sesuci-sucinya. Mari
kita melakukan shalat, semoga Allah merahmati kalian!’”[35] Ketiga, dalam
sebuah riwayat Abu Barazah ber- kata: “Aku mengerjakan shalat bersama
Rasulullah Saw. selama tujuh bulan. Setiap kali keluar dari rumah, dia
mendatangi pintu rumah Fathimah a.s. seraya bersabda, ‘Salam sejahtera atas
kalian. Sesungguhnya Allah hanyalah bermaksud menghilangkan segala ko- toran dari
kamu, hai Ahlul Bait, dan membersihkan kamu sesuci-sucinya.’”36 Sesungguhnya
tindakan-tindakan Rasulullah Saw. ini merupakan sebuah pemberitahuan kepada
umat dan seruan kepada mereka untuk mengikuti Ahlul Bait a.s. lantaran Ahlul
Bait a.s. adalah pembimbing bagi mereka untuk meniti jalan kemajuan di
kehidupan du- niawi maupun ukhrawi.
Kategori
Ayat Ketiga Terdapat beberapa ayat yang turun berkenaan dengan Amirul Mukminin
Ali a.s. dan juga berkenaan dengan para sahabat Nabi pilihan dan terkemuka.
Berikut ini ayat-ayat tersebut: Allah Swt. berfirman: “Dan diatas Al-A‘râf
tersebut ada orang-orang yang mengenal masing-masing dari dua golongan itu
dengan tanda-tanda mereka.” (QS. Al-A‘râf [7]: 46) Ibn Abbâs berkata: “Al-A‘râf
adalah sebuah tempat yang tinggi di atas Shirât. Di atas tempat itu terdapat
Abbâs, Hamzah, Ali ibn Abu Thalib a.s., dan Ja‘far pemilik dua sayap. Mereka
mengenal para pencinta mer eka dengan wajah mereka yang bersinar dan juga
mengenal para musuh mereka dengan wajah mereka yang hitam pekat.”[37] Allah
Swt. berfirman: “Di antara orang-orang yang beriman itu ada orang-orang yang
menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah; maka di antara mereka ada
yang gugur. Dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu- nunggu dan mereka
sedikit pun tidak mengubah janjinya.” (QS. Al-Ahzâb [33]: 23) Ali a.s. pernah
ditanya tentang ayat ini, sementara dia sedang berada di atas mimbar. Dia
berkata: “Ya Allah, aku mohon ampunanmu. Ayat ini turun berkenaan denganku,
pamanku Hamzah, dan pamanku ‘Ubaidah ibn Hârist. Adapun ‘Ubaidah, dia telah
gugur sebagai syahid di medan Badar, dan Hamzah juga telah gugur di medan
Perang Uhud. Sementara aku ma- sih menunggu orang paling celaka yang akan
mengucurkan darahku dari sini sampai ke sini (sembari dia men unjuk jenggot dan
kepalanya).”[38]
Kategori
Ayat Keempat
Berikut
ini kami paparkan beberapa ayat yang turun memuji Imam Ali a.s. dan mengecam
para mu- suhnya yang senantiasa berusaha untuk menghapus segala keutamaannya.
Allah
Swt. berfirman: “Apakah kamu menyama-kan pekerjaan memberi minuman kepada orang-
orang yang mengerjakan haji dan mengurus Masji dil Haram dengan (amal)
orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian serta berjihad di ja
lan Allah? Mereka tidak sama di sisi Allah; dan Allah tidak memberikan petunjuk
kepada kaum yang zalim.” (QS. Al-Taubah [9]: 19) Ayat ini turun berkenaan
dengan Imam Ali a.s., Abbâs, dan Thalhah ibn Syaibah ketika mereka saling men
unjukkan keutamaan masing-masing. Thalhah ber- kata: “Aku adalah pengurus
Ka‘bah. Kunci dan urusa n tab irnya berada di tanganku.” Abbâs berkata: “Aku
adalah pemberi minum orang- orang yang beri badah haji.” Ali a.s. berkata: “Aku
tidak tahu kalian ini berkata apa? Sungguh aku telah mengerjakan shalat
menghadap ke arah Kiblat selama enam bulan sebelum ada seorang pun yang
mengerjakan shalat, dan akulah orang yang selalu berjihad.” Kemudian, turunlah
ayat tersebut.[39] Allah Swt. berfirman: “Maka apakah orang yang telah beriman
seperti orang yang fasik? Tentu tidak- lah sama.” (QS. Al-Sajdah [32]: 18) Ayat
ini turun memuji Imam Ali a.s. dan mengecam Walîd ibn ‘Uqbah ibn Abi Mu‘îth.
Walîd berbangga diri di hadapan Ali a.s. seraya berkata: “Lisanku lebih fasih
daripada lisanmu, gigiku lebih tajam daripada gigimu, dan aku juga lebih pandai
menulis.” Ali a.s. berkata: “Diamlah. Sesungguhnya engkau adalah orang fasik.”
Kemudian turunlah ayat tersebut.[40]
Catatan
kaki:
16.
Târîkh Baghdad, jil. 6/221; Ash-Shawâ‘iq
Al- Muhriqah, hal. 76; Nûr Al-Abshâr, hal.
76.
Al- Muhriqah, hal. 76; Nûr Al-Abshâr, hal.
76.
17.
Tafsir At-Thabarî, jil. 13/72; Kanz
Al-‘Ummâl, jil. 6,/157; Tafsir Al-Haqâ’iq, hal.
42; Musadrak Al- Hâkim, jil. 3/129.
Al-‘Ummâl, jil. 6,/157; Tafsir Al-Haqâ’iq, hal.
42; Musadrak Al- Hâkim, jil. 3/129.
18.
Kanz Al-‘Ummâl, jil. 6/108; Asbâb An-
Nuzûl, karya Al-Wâhidî, hal. 329; Tafsir At-
Thabarî, jil. 4/600; Ad-Durr Al-Mantsûr, jil.
8/267.
Nuzûl, karya Al-Wâhidî, hal. 329; Tafsir At-
Thabarî, jil. 4/600; Ad-Durr Al-Mantsûr, jil.
8/267.
19.
Usud Al-Ghâbah, jil. 4/25; Ash-Shawâ‘iq
Al- Muhriqah, hal. 78; Asbâb An-Nuzûl,
karya Al- Wâhidî, hal. 64.
Al- Muhriqah, hal. 78; Asbâb An-Nuzûl,
karya Al- Wâhidî, hal. 64.
20.
Ad-Durr Al-Mantsûr, jil. 8/589; Tafsir At-
Thabarî, jil. 30/17; Ash-Shawâ‘iq Al-
Muhriqah, hal. 96.
Thabarî, jil. 30/17; Ash-Shawâ‘iq Al-
Muhriqah, hal. 96.
21.
Tafsir At-Thabarî, jil. 8/145.
22.
Asbâb An-Nuzûl, hal. 150.
23.
Târîkh Baghdad, jil. 8/19; Ad-Durr Al-
Mantsûr, jil. 6/19.
Mantsûr, jil. 6/19.
24.
Dalâ’il Ash-Shidq, jil. 2/152.
25.
Tafsir Ar-Râzî, jil. 12/26; Nûr Al-Abshâr,
hal. 170; Tafsir Ath-Thabarî, jil. 6/186.
hal. 170; Tafsir Ath-Thabarî, jil. 6/186.
26.
Ad-Durr Al-Mantsûr, jil. 3/106; Tafsir Al-
Kasysyâf, jil. 1/692; Dzakhâ’ir Al-‘Uqbâ, hal.
102; Majma‘ Az-Zawâ’id, jil. 7/17; Kanz
Al-‘Ummâl, jil. 7/305.
Kasysyâf, jil. 1/692; Dzakhâ’ir Al-‘Uqbâ, hal.
102; Majma‘ Az-Zawâ’id, jil. 7/17; Kanz
Al-‘Ummâl, jil. 7/305.
27.
Ragib Al-Isfahani dalam Mufradat Al-
Quran, ha- laman 570 mengatakan, “Wilayah
berarti keme- nangan, penanggung jawab
dan pemilik ikhtiar sebuah perbuatan.”
Sebagian berpendapat wilayat dan walayat
memiliki satu arti, yaitu penanggung jawab
dan pemilik ikhtiar. Wali dan maula juga
berarti demikian, hanya terkadang
berkonotasi subjek (ism fa’il) dan terkadang
objek (ism maf’uli). Thabarsi dalam Majma’
al-Bayân setelah ayat 157, Surat Al-Baqarah
mengatakan, “Wali dari kata walâ berarti
berdekatan tanpa ada penghalang,
wali adalah orang yang lebih berhak dan
layak untuk melakukan perbuatan orang lain.
Quran, ha- laman 570 mengatakan, “Wilayah
berarti keme- nangan, penanggung jawab
dan pemilik ikhtiar sebuah perbuatan.”
Sebagian berpendapat wilayat dan walayat
memiliki satu arti, yaitu penanggung jawab
dan pemilik ikhtiar. Wali dan maula juga
berarti demikian, hanya terkadang
berkonotasi subjek (ism fa’il) dan terkadang
objek (ism maf’uli). Thabarsi dalam Majma’
al-Bayân setelah ayat 157, Surat Al-Baqarah
mengatakan, “Wali dari kata walâ berarti
berdekatan tanpa ada penghalang,
wali adalah orang yang lebih berhak dan
layak untuk melakukan perbuatan orang lain.
Pemimpin
sebuah kaum dapat dipanggil
dengan wali, karena kedekatan, dan secara
langsung, mengurusi, me- nyuruh, dan
melarang berkenaan dengan semua urusan.
Dan kepada majikan dikatakan maula karena
secara langsung mengurusi masalah ham-
ba.” Ibnu Faris juga mengatakan, “Barang
siapa bert anggung jawab atas urusan
seseorang, maka ia akan menjadi wali
baginya.” (Maqâyis al-Lughah, jilid 6, hal.
141).
dengan wali, karena kedekatan, dan secara
langsung, mengurusi, me- nyuruh, dan
melarang berkenaan dengan semua urusan.
Dan kepada majikan dikatakan maula karena
secara langsung mengurusi masalah ham-
ba.” Ibnu Faris juga mengatakan, “Barang
siapa bert anggung jawab atas urusan
seseorang, maka ia akan menjadi wali
baginya.” (Maqâyis al-Lughah, jilid 6, hal.
141).
28.
Allamah Sayyid Husain Tehrani, Imam
Syenasi (Mengenal Imam), jilid 5, hal.
199-265; Allamah Sayyid Abdul Husain
Syarafuddin, Al-Murajaat, Dialog 38, Ustad
Muthahhari, Majmue-ye Atsar, jilid 3,
halaman 268-289.
Syenasi (Mengenal Imam), jilid 5, hal.
199-265; Allamah Sayyid Abdul Husain
Syarafuddin, Al-Murajaat, Dialog 38, Ustad
Muthahhari, Majmue-ye Atsar, jilid 3,
halaman 268-289.
29.
Majma‘ Az-Zawâ’id, jil. 7/103; Dzakhâ’ir
Al-‘Uqbâ, hal. 25; Nûr Al-Abshâr, hal. 101;
Ad-Durr Al- Mantsûr, jil. 7/348.
Al-‘Uqbâ, hal. 25; Nûr Al-Abshâr, hal. 101;
Ad-Durr Al- Mantsûr, jil. 7/348.
30.
Hilyah Al-Awliyâ’, jil. 3/102.
31.
Tafsir Ar-Râzî, jil. 2/699; Tafsir Al-
Baidhâwî, hal. 76; Tafsir Al-Kasysyâf, jil.
1/49; Tafsir Rûh Al-Bayân, jil. 1/457; Tafsir
Al-Jalâlain, jil. 1/35; Shahîh Muslim, jil.
2/47; Shahîh At-Turmuzî, jil. 2/166; Sunan
Al-Baihaqî, jil. 7/63; Musnad Ahmad ibn
Hanbal, jil. 1/185; Mashâbîh As-Sunnah,
karya Al-Baghawî, jil. 2/201; Siyar A‘lâm An-
Nubalâ’, jil. 3/193.
Baidhâwî, hal. 76; Tafsir Al-Kasysyâf, jil.
1/49; Tafsir Rûh Al-Bayân, jil. 1/457; Tafsir
Al-Jalâlain, jil. 1/35; Shahîh Muslim, jil.
2/47; Shahîh At-Turmuzî, jil. 2/166; Sunan
Al-Baihaqî, jil. 7/63; Musnad Ahmad ibn
Hanbal, jil. 1/185; Mashâbîh As-Sunnah,
karya Al-Baghawî, jil. 2/201; Siyar A‘lâm An-
Nubalâ’, jil. 3/193.
32.
Tafsir Ar-Râzî, jil. 10/243; Asbâb An-
Nuzûl, karya Al-Wâhidî, hal. 133, Rûh Al-
Bayân, jil. 6/546; Yanâbî’ Al-Mawaddah, jil.
1/93; Ar-Riyâdh An- Nâdhirah, jil. 2/227;
Imtâ‘ Al-Asmâ‘, hal. 502.
Nuzûl, karya Al-Wâhidî, hal. 133, Rûh Al-
Bayân, jil. 6/546; Yanâbî’ Al-Mawaddah, jil.
1/93; Ar-Riyâdh An- Nâdhirah, jil. 2/227;
Imtâ‘ Al-Asmâ‘, hal. 502.
33.
Tafsir Ar-Râzî, jil. 6/783; Shahîh Muslim,
jil. 2/331; Al-Khashâ’ish Al-Kubrâ, jil. 2/264;
Ar- Riyâdh An-Nâdhirah, jil. 2/188; Tafsir
Ibn Jarîr, jil. 22/5; Musnad Ahmad ibn
Hanbal, jil. 4/107; Sunan Al-Baihaqî, jil.
2/150; Musykil Al-Atsar, jil. 1/334;
Khashâ’ish An-Nisa’î, hal. 33.
jil. 2/331; Al-Khashâ’ish Al-Kubrâ, jil. 2/264;
Ar- Riyâdh An-Nâdhirah, jil. 2/188; Tafsir
Ibn Jarîr, jil. 22/5; Musnad Ahmad ibn
Hanbal, jil. 4/107; Sunan Al-Baihaqî, jil.
2/150; Musykil Al-Atsar, jil. 1/334;
Khashâ’ish An-Nisa’î, hal. 33.
34.
Mustadrak Al-Hâkim, jil. 2/416; Usud Al-
Ghâbah, jil. 5/521.
Ghâbah, jil. 5/521.
35.
Ad-Durr Al-Mantsur, jil. 5/199.
36.
Dzakhâ’ir Al-‘Uqbâ, hal. 24.
37.
Ash-Shawâ‘iq Al-Muhriqah, hal. 101.
38.
Ash-Shawâ‘iq Al-Muhriqah, hal. 80; Nûr
Al- Abshar, hal. 80.
Al- Abshar, hal. 80.
39.
Tafsir Ath-Thabarî, jil. 10/68; Tafsir Ar-
Râzî, jil. 16/11; Ad-Durrul Mantsur, jil.
4/146; Asbâb An- Nuzûl, karya Al-Wâhidî,
hal. 182.
Râzî, jil. 16/11; Ad-Durrul Mantsur, jil.
4/146; Asbâb An- Nuzûl, karya Al-Wâhidî,
hal. 182.
40.
Tafsir Ath-Thabarî, jil. 21/68; Asbâb An-
Nuzûl, hal. 263; Târîkh Bagdad, jil. 13/321;
Ar-Riyâdh An-Nâdhirah, jil. 2/206.
Nuzûl, hal. 263; Târîkh Bagdad, jil. 13/321;
Ar-Riyâdh An-Nâdhirah, jil. 2/206.
16.
Târîkh Baghdad, jil. 6/221; Ash-Shawâ‘iq
Al- Muhriqah, hal. 76; Nûr Al-Abshâr, hal.
76.
Al- Muhriqah, hal. 76; Nûr Al-Abshâr, hal.
76.
17.
Tafsir At-Thabarî, jil. 13/72; Kanz
Al-‘Ummâl, jil. 6,/157; Tafsir Al-Haqâ’iq, hal.
42; Musadrak Al- Hâkim, jil. 3/129.
Al-‘Ummâl, jil. 6,/157; Tafsir Al-Haqâ’iq, hal.
42; Musadrak Al- Hâkim, jil. 3/129.
18.
Kanz Al-‘Ummâl, jil. 6/108; Asbâb An-
Nuzûl, karya Al-Wâhidî, hal. 329; Tafsir At-
Thabarî, jil. 4/600; Ad-Durr Al-Mantsûr, jil.
8/267.
Nuzûl, karya Al-Wâhidî, hal. 329; Tafsir At-
Thabarî, jil. 4/600; Ad-Durr Al-Mantsûr, jil.
8/267.
19.
Usud Al-Ghâbah, jil. 4/25; Ash-Shawâ‘iq
Al- Muhriqah, hal. 78; Asbâb An-Nuzûl,
karya Al- Wâhidî, hal. 64.
Al- Muhriqah, hal. 78; Asbâb An-Nuzûl,
karya Al- Wâhidî, hal. 64.
20.
Ad-Durr Al-Mantsûr, jil. 8/589; Tafsir At-
Thabarî, jil. 30/17; Ash-Shawâ‘iq Al-
Muhriqah, hal. 96.
Thabarî, jil. 30/17; Ash-Shawâ‘iq Al-
Muhriqah, hal. 96.
21.
Tafsir At-Thabarî, jil. 8/145.
22.
Asbâb An-Nuzûl, hal. 150.
23.
Târîkh Baghdad, jil. 8/19; Ad-Durr Al-
Mantsûr, jil. 6/19.
Mantsûr, jil. 6/19.
24.
Dalâ’il Ash-Shidq, jil. 2/152.
25.
Tafsir Ar-Râzî, jil. 12/26; Nûr Al-Abshâr,
hal. 170; Tafsir Ath-Thabarî, jil. 6/186.
hal. 170; Tafsir Ath-Thabarî, jil. 6/186.
26.
Ad-Durr Al-Mantsûr, jil. 3/106; Tafsir Al-
Kasysyâf, jil. 1/692; Dzakhâ’ir Al-‘Uqbâ, hal.
102; Majma‘ Az-Zawâ’id, jil. 7/17; Kanz
Al-‘Ummâl, jil. 7/305.
Kasysyâf, jil. 1/692; Dzakhâ’ir Al-‘Uqbâ, hal.
102; Majma‘ Az-Zawâ’id, jil. 7/17; Kanz
Al-‘Ummâl, jil. 7/305.
27.
Ragib Al-Isfahani dalam Mufradat Al-
Quran, ha- laman 570 mengatakan, “Wilayah
berarti keme- nangan, penanggung jawab
dan pemilik ikhtiar sebuah perbuatan.”
Sebagian berpendapat wilayat dan walayat
memiliki satu arti, yaitu penanggung jawab
dan pemilik ikhtiar. Wali dan maula juga
berarti demikian, hanya terkadang
berkonotasi subjek (ism fa’il) dan terkadang
objek (ism maf’uli). Thabarsi dalam Majma’
al-Bayân setelah ayat 157, Surat Al-Baqarah
mengatakan, “Wali dari kata walâ berarti
berdekatan tanpa ada penghalang,
wali adalah orang yang lebih berhak dan
layak untuk melakukan perbuatan orang lain.
Quran, ha- laman 570 mengatakan, “Wilayah
berarti keme- nangan, penanggung jawab
dan pemilik ikhtiar sebuah perbuatan.”
Sebagian berpendapat wilayat dan walayat
memiliki satu arti, yaitu penanggung jawab
dan pemilik ikhtiar. Wali dan maula juga
berarti demikian, hanya terkadang
berkonotasi subjek (ism fa’il) dan terkadang
objek (ism maf’uli). Thabarsi dalam Majma’
al-Bayân setelah ayat 157, Surat Al-Baqarah
mengatakan, “Wali dari kata walâ berarti
berdekatan tanpa ada penghalang,
wali adalah orang yang lebih berhak dan
layak untuk melakukan perbuatan orang lain.
Pemimpin
sebuah kaum dapat dipanggil
dengan wali, karena kedekatan, dan secara
langsung, mengurusi, me- nyuruh, dan
melarang berkenaan dengan semua urusan.
Dan kepada majikan dikatakan maula karena
secara langsung mengurusi masalah ham-
ba.” Ibnu Faris juga mengatakan, “Barang
siapa bert anggung jawab atas urusan
seseorang, maka ia akan menjadi wali
baginya.” (Maqâyis al-Lughah, jilid 6, hal.
141).
dengan wali, karena kedekatan, dan secara
langsung, mengurusi, me- nyuruh, dan
melarang berkenaan dengan semua urusan.
Dan kepada majikan dikatakan maula karena
secara langsung mengurusi masalah ham-
ba.” Ibnu Faris juga mengatakan, “Barang
siapa bert anggung jawab atas urusan
seseorang, maka ia akan menjadi wali
baginya.” (Maqâyis al-Lughah, jilid 6, hal.
141).
28.
Allamah Sayyid Husain Tehrani, Imam
Syenasi (Mengenal Imam), jilid 5, hal.
199-265; Allamah Sayyid Abdul Husain
Syarafuddin, Al-Murajaat, Dialog 38, Ustad
Muthahhari, Majmue-ye Atsar, jilid 3,
halaman 268-289.
Syenasi (Mengenal Imam), jilid 5, hal.
199-265; Allamah Sayyid Abdul Husain
Syarafuddin, Al-Murajaat, Dialog 38, Ustad
Muthahhari, Majmue-ye Atsar, jilid 3,
halaman 268-289.
29.
Majma‘ Az-Zawâ’id, jil. 7/103; Dzakhâ’ir
Al-‘Uqbâ, hal. 25; Nûr Al-Abshâr, hal. 101;
Ad-Durr Al- Mantsûr, jil. 7/348.
Al-‘Uqbâ, hal. 25; Nûr Al-Abshâr, hal. 101;
Ad-Durr Al- Mantsûr, jil. 7/348.
30.
Hilyah Al-Awliyâ’, jil. 3/102.
31.
Tafsir Ar-Râzî, jil. 2/699; Tafsir Al-
Baidhâwî, hal. 76; Tafsir Al-Kasysyâf, jil.
1/49; Tafsir Rûh Al-Bayân, jil. 1/457; Tafsir
Al-Jalâlain, jil. 1/35; Shahîh Muslim, jil.
2/47; Shahîh At-Turmuzî, jil. 2/166; Sunan
Al-Baihaqî, jil. 7/63; Musnad Ahmad ibn
Hanbal, jil. 1/185; Mashâbîh As-Sunnah,
karya Al-Baghawî
Baidhâwî, hal. 76; Tafsir Al-Kasysyâf, jil.
1/49; Tafsir Rûh Al-Bayân, jil. 1/457; Tafsir
Al-Jalâlain, jil. 1/35; Shahîh Muslim, jil.
2/47; Shahîh At-Turmuzî, jil. 2/166; Sunan
Al-Baihaqî, jil. 7/63; Musnad Ahmad ibn
Hanbal, jil. 1/185; Mashâbîh As-Sunnah,
karya Al-Baghawî
Tiada ulasan:
Catat Ulasan